Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit yang Patut Dicoba

Annissa Wulan19 Sep 2019, 06:30 WIB
Cantik

Fimela.com, Jakarta Tahukah kamu bahwa minyak zaitun dapat menjadi pelembap terbaik untuk kulit? Meskipun minyak zaitun umumnya memiliki tingkat keamanan yang tinggi dan komedogenik yang rendah, mustahil merawat kulit sensitif dengan minyak yang satu ini.

Bagi pemilik kulit sensitif, kering, dan rentan terhadap eksim, minyak zaitun hanya akan menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada penghalang kulit. Namun, jangan khawatir, dilansir dari goodhousekeeping.com, Selasa (17/9/2019), minyak zaitun kaya akan antioksidan, sehingga dapat mencegah oksidasi kulit, penuaan dini, serta kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Minyak zaitun juga kaya akan kandungan vitamin A, D, E, dan K yang masing-masing sangat bermanfaat bagi kulit. Vitamin E sendiri adalah antioksidan yang berfungsi melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

 

Manfaat minyak zaitun untuk perawatan kulit

Tips cantik
Ilustrasi makeup/copyright shutterstock

Vitamin E juga membantu mengatasi kondisi kulit, seperti eksim dan psoriasis. Sifat antibakteri dari minyak zaitun membantu menghilangkan bakteri dari kulit dan juga bermanfaat sebagai pengobatan infeksi kulit.

Selain itu, beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A dan E adalah cara efektif untuk mengatasi masalah jerawat pada kulit. Kamu boleh menggunakan minyak zaitun sebagai pelembap, asal memilih jenis yang organik yang memang dibuat untuk digunakan pada wajah, rambut, dan kuku.

Jangan menggunakan jenis minyak apapun terlalu banyak pada kulit wajah, karena hanya akan menyebabkan pori-pori tersumbat dan memicu tumbuhnya jerawat. Mulailah perlahan dan lihatlah bagaimana kulitmu bereaksi terhadap penggunaan minyak zaitun, sudah pernah coba sebelumnya?

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓