Pentingnya Menggunakan Essence dan Manfaatnya dalam Perawatan Kulit

Meita Fajriana19 Sep 2019, 17:30 WIB
Perawatan Wajah

Fimela.com, Jakarta Rutinitas dalam perawatan kulit saat ini telah dipengaruhi oleh tren kecantikan Korea. Seperti yang diketahui, perawatan kulit Korea memiliki sekitar 8-10 langkah. Namun masih banyak perempuan yang hanya mengikuti tren tersebut tanpa mencari tahu apa saja manfaatnya bagi kulit. Salah satu langkah dalam tren perawatan kulit Korea yang ternyata memiliki fungsi penting yaitu penggunaan essence

Essence adalah langkah perawatan kulit yang sangat populer dalam rangkaian skincare Korea. Bagi kamu yang belum tahu manfaat essence dan cara menggunakannya, berikut penjelasannya secara lebih mendalam, seperti yang dirangkum Fimela dilansir dari situs Boldsky, Kamis (19/9/2019).

1. Apa itu essence?

Essence adalah formula terkonsentrasi yang dimaksudkan untuk melembabkan kulit. Produk ini mengandung banyak bahan aktif yang bekerja dengan baik untuk meningkatkan kesehatan kulit dan kapasitasnya untuk menyerap produk perawatan kulit selanjutnya.

Dua manfaat utama essence dalam rutinitas perawatan kulit adalah untuk meningkatkan hidrasi dan penyerapan produk yang akan digunakan setelahnya. Artinya essence  menyiapkan kulit agar produk kecantikan lainnya dapat menyerap dengan baik.

Karena konsentrasi yang dimilikinya, essence dapat dengan mudah menembus jauh ke dalam kulit dan melakukan tugasnya. Sehingga manfaatnya dapat terasa dan terlihat dengan cepat, mengatasi masalah dengan tepat seperti kulit kering, garis-garis halus, kerutan, dan warna kulit tidak merata.

 

Kapan harus menggunakan essence?

Perawatan Kulit
Ilustrasi wajah/copyright shutterstock

Essence biasanya merupakan langkah keempat dalam rutinitas perawatan kulit, setelah  membersihkan, toner, dan eksfoliasi. Jika tidak melakukan eksfoliasi, essence bisa diaplikasikan sebagai langkah ketiga setelah pembersihan dan pengencangan dengan toner.

 

Bagaimana cara tepat menggunakan essence?

Perawatan Kulit
Ilustrasi perawatan kulit/copyright shutterstock

Berbicara tentang cara menggunakan essence, yang terbaik diterapkan dengan gerakan menepuk. Ambil sedikit essence di telapak tangan, lalu gosokkan kedua telapak tangan untuk menghangatkannya dan gunakan gerakan menepuk lembut, oleskan ke seluruh bagian wajah.

Ada juga teknik lain yang digunakan untuk menggunakan essence yang dikenal sebagai 'metode tujuh' yang populer di Korea. Seperti namanya, teknik ini berupa pengolesan atau lebih tepatnya menepuk esensi tujuh kali pada kulit agar bisa bekerja dengan baik.

Cara lain menerapkan essence juga bisa dengan menggunakan kapas. Letakkan sedikit essence pada kapas dan gosokkan dengan lembut pada kulit dengan gerakan ke bagian atas.

#GrowFearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓