Pore Strips Kurang Efektif, Begini Cara yang Tepat Menghilangkan Komedo

Karla Farhana27 Sep 2019, 18:00 WIB
Pore strip/komedo/blackhead

Fimela.com, Jakarta Hampir putus asa berusaha membuat kulit bersih tanpa komedo, mungkin kamu sempat berkeinginan untuk tidak memiliki pori-pori sama sekali. Karena, ketika pori-pori membesar, kemudian malah tersumbat sebum, debu, dan kotoran lain, komedo langsung muncul membawa pasukan. 

T-Zone, pipi, dan dagu merupakan area yang sangat disenangi komedo. Biasanya, komedo di area hidung lebih mudah terlihat ketimbanga komedo di area wajah yang lainnya. Untuk mengatasi komedo membandel, pore strips banyak digunakan. Meski sakit pada saat mencabutnya, pore strips ini merupakan salah satu 'alat' yang banyak digunakan untuk menghilangkan komedo. 

Masalahnya, seberapa efektif pore strips mengangkat komedomu? Women's Health Magazine menulis, pore strips kebanyakan tidak bisa bekerja dengan efektif mengangkat komedo. Meski ada yang terangkat, namun pasti masih ada sisa-sisa komedo yang tertinggal. 

Apa yang Terjadi Kalau Komedo Dibiarkan?

Menurut pendiri Kate Somerville Skincare and Skin Health Experts Clinic, Kate Somerville, komedo hitam merupakan salah satu jenis jerawat. Kalau dibiarkan saja, katanya kepada Women's Health Magazine, pori-pori akan melebar dan sebum akan terus mengisi pori-porimu, sehingga akan tumbuh lebih banyak komedo di area wajah. 

 

Cara Menghilangkan Komedo dengan Benar dan Aman

[Fimela] Sabun
Ilustrasi Sabun | unsplash.com/@matthew_tkocz

Cara yang paling baik dalam menangani komedo di area T-Zone, menurut Kate, adalah dengan melakukan eksfoliasi ringan pada saat kamu mandi. Dia merekomendasikan eksfoliator yang sangat lembut, yang cukup untuk mengangkat lapisan terluar sel-sel kulit mati. 

"Sebagai tambahan, kamu juga bisa steam kulit wajah menggunakan air hangat untuk membuka pori-pori sehingga memudahkan proses eksfoliasi untuk mengangkat sel kulit mati," katanya seperti dikutip dari Women's Health Magazine. 

Setelah membuka pori-pori, lakukan eksfoliasi menggunakan produk pilihanmu. Usahakan produk tersebut sangat lembut dan mengandung pepaya, enzim yang diambil dari labu, dan lactic acid yang sangat berguna untuk kulitmu. 

Setelah itu, bilas dan keringkan wajah. Untuk mengeluarkan komedo, kamu bisa menggunakan tisu pada saat memencet area berkomedo. Selain tisu, kamu juga bisa menggunakan pembersih telinga. Namun, jangan lupa untuk menenangkan kulitmu menggunakan witch-hazel. Dengan cara ini, komedo akan secara bertahap teratasi dengan aman, tanpa merusak kulitmu. 

Simak Video Berikut Ini

#Growfearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓