Sukses

Beauty

4 Tips untuk Cegah Kulit Iritasi Setelah Mencukur Bulu

Fimela.com, Jakarta Semua manusia memiliki beberapa bagian tubuh yang ditumbuhi bulu. Terlepas dari seberapa lebatnya bulu tersebut, ada beberapa orang yang merasa tidak percaya diri. Sehingga mencukur bulu menjadi bagian dari rutinitas untuk memkasimalkan penampilan.

Kaki, ketiak, dan wajah menjadi bagian yang paling sering dicukur. Namun, jika mencukur bulu tidak dilakukan dengan tepat, akan membuat kulit menjadi iritasi dan sensitif. Sebelum kamu mencukur bulu, para dermatologis memberikan pertimbangan agar terhindar dari pernasalahan kulit iritasi dan sensitif, melansir dari Elite Daily pada Minggu (27/10/2019). Apa saja?

1. Waktu yang tepat untuk mencukur

Dermatologi menyarankan agar mencukur bulu dijadikan tahap akhir dalam rutinitias mandi. Air hangat akan membuat bulu bertekstur lebih lembut sehingga meminimalisir tekanan. Namun jika kamu suka mandi dengan air dingin, lebih baik mencukur bulu sebelum mandi

2. Seberapa sering mencukur bulu

Mencukur bulu akan memberikan tampilan kulit yang mulus. Namun jangan sampai kamu tergila-gila untuk mencukur bulu. Pertimbangkan kembali seberapa sering kamu harus mencukur bulu dalam keseluruhan rutinitas. Ini tergantung pada siklus pertumbuhan bulu pada setiap orang. Bisa tiga minggu sekali untuk area bikini, dua hari sekali untuk di bawah ketiak, dan dua hingga tiga hari sekali untuk kaki.

 

3. Perlengkapan mencukur yang tepat

Untuk mencegah kulit mati yang merusak alat cukur, sebaiknya lakukan eksfoliasi sebelum mencukur bulu. Kemudian pilih jenis pencukur bulu yang memiliki bar pelembab di bagian atas dan bawah pisau. Perhatikan juga kualitas pisaunya agar tidak melukai kulit.

4. Tidak cukup hanya mencukur

Jangan mengolesi produk terlalu berat setelah mencukur bulu, ketika pori-pori sangat terbuka ia menjadi sangat rentan. Gunakan pelembap yang kandungannya sesuai dengan tubuh dan wajah. Bisa juga aplikasikan hidrator seperti asam hialuronat dan vitamin B5 atau pelindung kulit.

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

Daftarkan dirimu segera di sini dan dapatkan kesempatan untuk hadir di FIMELA FEST 2019!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading