Cara Menghilangkan Ketombe dan Rambut Rontok Secara Alami, Cepat, Permanen

Fimela Editor29 Okt 2019, 13:28 WIB
Ketombe

Fimela.com, Jakarta Ketombe adalah kondisi kepala kronis yang umum ditandai dengan mengelupasnya kulit kepala seseorang. Ketombe merupakan masalah yang bisa dialami oleh hampir semua orang, baik perempuan maupun laki-laki.

Ketombe umumnya sangat menganggu karena memimbulkan rasa gatal dan kurang nyaman pada kulit kepala. Ketombe juga dapat merusak penampilan dan kepercayaan diri kamu.

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dan Permanen

cara menghilangkan ketombe
gel lidah buaya (sumber: pixabay)

Ketombe bisa disebabkan oleh kulit kepala yang kering salah satunya akibat sampo yang tidak cocok untuk kulit kepala. Hal ini dikarenakan kandungan kimia dalam sampo yang dipakai tidak bereaksi baik ke kulit kepala. Oleh karena itu dibutuhkan cara menghilangkan ketombe secara alami dan permanen.

Lidah Buaya

Lidah buaya memang diketahui banyak memiliki manfaat, salah satunya ampuh untuk menghilangkan ketombe secara alami. Lidah buaya dapat mengangkat sel kulit mati pada kepala dan dapat pula membunuh bakteri penyebab ketombe.

Berikut cara menghilangkan ketombe secara alami dengan lidah buaya:

  1. ambil lidah buaya dan keluarkan isi gelnya
  2. oleskan pada kulit kepala secara merata
  3. pijat kulit kepala agar lidah buaya menyerap
  4. biarkan kurang lebih 15 menit lalu bilas.

Daun Sirsak

Kandungan acetogenin dalam daun sirsak sudah terbukti membunuh racun dan bakteri termasuk ketombe. Selain itu daun sirsak juga bisa digunakan untuk membasmi kutu rambut.

Berikut cara menghilangkan ketombe secara alami dengan daun sirsak:

  1. ambil beberapa helai daun sirsak lalu tumbuk sampai halus
  2. tambahkan sedikit air
  3. oleskan hingga rata pada kulit kepala
  4. biarkan 30 menit lalu bilas.

Jeruk Nipis

Jeruk nipis yang paling kaya dengan vitamin C ini dapat pula digunakan untuk menghilangkan ketombe. Tidak hanya ampuh untuk menghilangkan ketombe, namun jeruk nipis juga bisa mengatasi rambut yang berminyak.

Cara menghilangkan ketombe secara alami dengan jeruk nipis sebagai berikut:

  1. Peras jeruk nipis lalu campurkan dengan air secukupnya
  2. oleskan merata pada rambut dan kulit kepala
  3. biarkan kurang lebih 10 menit agar meresap
  4. bilas dengan air bersih.

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dan Cepat

cara menghilangkan ketombe
lidah buaya dan lemon

Ketombe bisa mengakibatkan rasa yang gatal pada kulit kepala, sehingga kita yang memiliki ketombe ingin menghilangkannya dengan segera. Lalu, bagaimana cara menghilangkan ketombe dan rambut rontok secara alami? Tidak perlu khawatir, karena kamu bisa menghilangkan ketombe sekaligus merawat rambut agar tidak rontok dengan bahan alami berikut.

Lemon

Khasiat yang dimiliki oleh lemon hampir sama dengan jeruk nipis. Lemon juga kaya akan vitamin C yang yang dapat menghilangkan ketombe dengan cepat. Caranya cukup dengan menggosokkan belahan buah lemon ke kulit kepala secara rutin, lalu bilas dengan air bersih.

Baking soda

Baking soda sangat mudah kita temukan di dapur, namun siapa sangka baking soda dapat menghilangkan ketombe secara alami dan cepat.

Cara menghilangkan ketombe secara alami dengan baking soda cukup mudah:

  1. larutkan setengah sendok baking soda dengan air
  2. aduk sampai mengental
  3. oleskan merata pada kulit kepala
  4. bilas dengan air bersih.

Avokad

Kandungan protein didalam avokad sangat ampuh untuk menutrisi dan menguatkan rambut. Protein di buah avokad juga dapat sekaligus menghilangkan ketombe dan menghaluskan rambut. Caranya oleskan avokad yang sudah dihaluskan selama 10-15 menit ke rambut, lalu bilas.

Minyak kemiri dan minyak zaitun

Dua bahan ini sangat multifungsi yaitu sebagai penyubur rambut serta dapat menghilangkan ketombe secara alami. Cukup mengoleskan minyak kemiri atau zaitun pada kulit kepala lalu bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin agar terlihat hasilnya.

Cara Menghilangkan Ketombe yang Parah dan Membandel Secara Alami

cara menghilangkan ketombe
Santan dan lidah buaya (sumber: pexels)

Seringkali ketombe sangat susah untuk dihilangkan meskipun sudah memakai banyak produk atau sampo anti ketombe. Maka sudah saatnya kamu mencoba sesuatu yang alami untuk ketombemu yang membandel.

Minyak kelapa

Selain kandungan vitamin E yang berfungsi menutrisi dan menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut, minyak kelapa juga dikenal ampuh menghilangkan ketombe.

Cara menghilangkan ketombe yang parah dan membandel secara alami dengan minyak kelapa adalah:

  1. siapkan satu sendok makan minyak kelapa
  2. oleskan pada rambut dan kulit kepala
  3. diamkan 30 menit lalu bilas pakai sampo.

Tomat

Kandungan asam dalam tomat membantu menyeimbangkan pH kulit kepala sehingga ampuh menghilangkan ketombe. Cara menggunakannya:

  1. haluskan dua buah tomat
  2. campur dengan satu sendok makan kelapa
  3. bilas dengan air bersih sembari dipijat ringan.

Garam

Bumbu dapur yang pasti ada di dapurmu juga bisa solusi bagi ketombe yang parah dan membandel. caranya sangat mudah, ambil garam secukupnya, gosok dan pijat kulit kepalamu dengan garam, lalu bilas sampai bersih.

 

 

(Mila Ismiranda/dikutip dari berbagai sumber)

Lanjutkan Membaca ↓