Cara Agar Rambut Cepat Panjang dengan Bahan Alami dalam Waktu Singkat

Fimela Editor02 Nov 2019, 06:15 WIB
Rambut Panjang dan Rambut Lurus

Fimela.com, Jakarta Memiliki rambut yang panjang, tebal dan terawat tentunya impian semua orang, tak hanya perempuan, sebagian dari pria juga ingin memiliki rambut panjang dan tebal. Namun, banyak faktor yang menjadikan pertumbuhan rambut terhambat. meskipun telah menggunakan perawatan mulai dari shampoo, conditioner, hingga toner, rambut masih belum menunjukan tanda-tanda akan panjang. Bahkan, beberapa penggunaan bahan kimia dalam merawat rambut menyebabkan alergi berkepanjangan seperti rambut terasa gatal, berketombe dan lain-lain.

Pertumbuhan rambut sendiri juga merupakan faktor genetik, biasanya pertumbuhan rambut dalam setiap bulannya sekitar seperempat sampai setengah inchi. Agar rambut cepat panjang, jangan khawatir, banyak bahan-bahan alami yang bisa digunakaan dan tentunya mudah ditemui. Nah, berikut adalah cara agar rambut cepat panjang

Cara Agar Rambut Cepat Panjang

Rambut Panjang dan Rambut Lurus
Ilustrasi Foto Rambut Lurus dan Panjang (iStockphoto/Ferbian Pradolo)

Tak semua orang memiliki waktu yang sama dalam memanjangkan rambut, hal ini ditentukan dari nutrisi yang didapat dan juga faktor genetik. Namun, hal itu tentu bisa diatasi dengan bebrbagai cara

Siapkan rambut dalam kodisi yang baik

Dalam tahap awal ini, persiapan rambut sungguh penting. Seperti menggunting ujung-ujung rambut yang bercabang dan membersihkan sisa-sisa ketombe yang ada pada kulit kepala. Hal ini dilakukan agar perawatan yang menyerap di kulit kepala dan rambut dapat menyerap secara optimal, dan cara agar rambut cepat panjang yang dilakukan bisa mendapatkan hasil maksimal gunakan sampo dan kondisioner yang cocok untuk rambut penggunaan sampo dan kondisioner tentunya sangat penting sebagai cara agar rambut cepat panjang. memilih sampoo dan kondisioner juga tidak sembarangan. pemilihan sampo dan kondisioner yang tidak cocok justru membuat pertumbuhan rambut terhambat. Sebelum menggunakan sampoo dan kondisioner, baiknya mempertimbangkan hal - hal ini terlebih dahulu:

  • Ketahui jenis rambut dan kulit kepala sebelum mengunakan sampo dan kondisioner penting sekali untuk mengetahui jenis rambut dan kulit kepala. Sekarang sudah banyak merek sampo dan juga kondisioner dengan spesifikasi tertentu, seperti untuk rambut rontok, rambut bercabang bahkan berketombe sekalipun. Fungsi mengetahui jenis rambut dan kulit kepala adalah untuk memberikan perawatan yang efektif kepada rambut, jika fungsi sampo dan kondisioner tidak sesuai kebutuhan, bisa-bisa perawatan cara agar rambut tetap panjang yang digunakan malah membuat rambut semakin rusak.
  • Lingkungan tempat tinggal. Tanpa disadari, pegaruh lingkungan tempat tinggal ini berdampak besar bagi pertumbuhan dan kesehatan rambut. Seperti banyaknya polisi, udara kering dan panas, terpapar sinar matahari yang berlebih, dapat membuat rambut semakin kering dan rusak serta patah. Untuk itu perlu dilakukan beberapa usaha agar terhindar dari faktor yang merusak rambut, seperti menggunakan topi ataupun kain penutup agar tidak terpapar langsung.
  • Kandungan dalam sampo dan kondisioner. Saat memutuskan untuk menggunakan Sampo dan kondisioner tentunya harus memperhatikan kandungan yang ada di dalamnya, agar kita tahu apa saja yang menutrisi rambut kita, dan juga jika ada kandungan penyebab alergi pada tubuh bisa diantisipas terlebih dahulu.

Jangan keramas terlalu sering

Agar rambut cepat panjang, tentunya kelembaban rambut harus dijaga. Keramas setiap hari dapat menghilangkan minyak alami yang dihasilkan oleh rambut. Jika minyak alami ini hilang, tentunya rambut akan kering dan tidak dapat tumbuh dengan baik. Untuk itu, cara agar rambut cepat panjang dan tumbuh dengan baik, keramaslah setiap 2 -3 hari sekali.

Keringan rambut secara alami

pemakaian hairdryer memang terasa sangat praktis, namun penggunaan hairdryer terlalu sering dapat menyebabkan rambut kering, patah-patah dan tentunya mudah rontok. Agar rambut cepat panjang dan sehat, ada baiknya mengeringkan rambut secara alami. Yaitu dengan mengangin-anginkan rambut dengan udara bebas atau bisa juga menggunakan kipas angin. Jika keadaan sangat mendesak, bisa saja menggunakan hairdryer tapi tidak menggunakan suhu yang terlalu panas dan juga terlalu dekat. Karena suhu panas dari hairdryer itu tidak baik untuk kesehatan kulit kepala.

Hindari membungkus rambut dengan handuk untuk mengeringkan rambut

Banyak orang terutama perempuan yang menggunakan cara ini sebagai metode untuk mengeringkan rambut, tapi cara ini justru akan merusak batang rambut. kebiasaan ini berbahaya khususnya bagi yang memiliki rambut kering dan susah diatur. mulai saat ini kurangilah menggunakan cara ini untuk mengeringkan rambut agar rambut cepat panjang dan tetap sehat.

 

Cara Agar Rambut Cepat Panjang Secara Alami

3 Masker Buah yang Bermanfaat untuk Perawatan Rambut
Ilustrasi perawatan rambut dengan masker buah. (via: eva.hn/ Bintang Pictures)

Selain cara cara itu, memberikan nutrisi rambut secara alami juga bisa menunjang agar rambut cepat panjang. b\Bahan-bahan yang diperlukan tentunya mudah didapat dipasaran dan jika digunakan secara rutin, tentu rambut akan cepat panjang, sehat serta berkilauan.

Gunakan masker putih telur

Cara agar rambut cepat panjang secara alami bisa menggunakan masker putih telur. Putih telur mengandung banyak nutrisi untuk memepercepat pertumbuhan rambut. Caranya yaitu cukup siapkan 2 butir telur dan ambil bagian putih telurnya saja, kemudian campurkan dengan satu sendok minyak zaitun. Kocok hingga putih telur dan minyak zaitun tercampur rata, kemudian oleskan menyeluruh ke permukaan rambut lalu diamkan selama 5-10 menit agar terserap merata. Biarkan nutrisi dari putih telur itu terserap sempurna oleh rambut agar rambut cepat panjang serta lebih kuat dan sehat. Setelah itu bilas sampai bersih.

Gunakan lidah buaya pada kulit kepala

Kandungan vitamin C dan E dalam lidah buaya tentunya dapat menutrisi untuk kesehatan kulit kepala, selain itu, kandungan yang ada pada lidah buaya dapat digunakan sebagai cara agar rambut cepat panjang. Penggunaannya cukup mudah, yaitu siapkan lidah buaya, ambil gelnya saja, lalu usapkan ke seluruh rambut serta kulit kepala. Diamkan selama 10-15 menit. Kemudian bilas sampai bersih. Lakukan secara rutin sebanyak 2-3 kali seminggu agar mendapatkan hasil yang optimal.

Minyak hangat sebagai penyubur rambut

Tak banyak orang yang tau jika pengaplikasian minyak pada rambut bisa sebagai alternatif agar rambut cepat panjang. Panaskan sedikit minyak, minyak apapun, bisa minyak zaitun, minyak kepala atau minyak jojoba. Cukup dengan menghangatkan minyak tersebut, jangan sampai mendidih. Kemudian oleskan minyak ke kulit kepala dan pijat halus selama 20 menit. Lalu diamkan sampai 30 menit dan keramasilah rambut sampai bersih. Perawatan ini dapat memanjangkan rambut dan juga membuat rambut terlihat sehat serta berkilau dalam pemakaian yang rutin.

Cara Agar Rambut Cepat Panjang dalam Waktu Singkat

Masker Rambut Alami Untuk Rambut Kering
rambut panjang (Foto: Pinterest.com/Mestika Safrini Nasution)

Kalo kamu gak sabar untuk memiliki rambut yang panjang, Kamu bisa lakukan beberapa cara agar rambut cepat panjang dalam waktu singkat ini.

Makan makanan yang mengandung banyak protein

Untuk mempercepat pertumbuhan rambut, tubuh memerlukan banyak protein tinggi. Protein ini bisa didapat dari makanan berbahan dasar biji-bijian seperti tempe dan tahu. selain itu protein hewani juga bisa didapat dari makanan laut seperti udang, cumi-cumi dan ikan.

Gunting ujung rambut secara rutin

Usahakan setiap bulan unutk menggunting rambut. Hal ini dilakukan untuk membuang ujung-ujung rambut yang rusak, dan juga menstimulasi rambut untuk tumbuh lebih cepat.

Kurangi begadang

Stres dan begadang merupakan salah satu penyebab rambut rontok. Perbanyak istirahat dan kurangi begadang bisa membantu untuk mempercepat pertumbuhan rambut. Hal ini terjadi karena ketika kamu tidur, sel akan meregenerasi sel-sel baru, sehingga jika waktu tidur terganggu otomasi regenerasi sel juga terganggu. Hal ini tidak hanya berpengaruh pada tubuh saja, tapi juga berpengaruh untuk kesehatan.

Nah, mudah kan melakukan cara agar rambut cepat panjang? bahannyapun tidak susah dicari, selamat mencoba!

(Jossi Andriani/diambil dari berbagai sumber)

Lanjutkan Membaca ↓