Tips Memilih Sampo dan Kondisioner Sesuai Jenis Rambut

Karla Farhana05 Nov 2019, 08:00 WIB
[Fimela] Rambut

Fimela.com, Jakarta Tidak semua perempuan menggunakan perawatan rambut ekstra yang rutin. Tidak semua peremuan pula memiliki banyak waktu untuk pergi ke salon melakukan perawatan tambahan untuk mahkota alaminya. Tapi paling tidak, memelihara kebersihan rambutmu harus masuk ke dalam rangkaian perawatan diri yang wajib. 

Ada begitu banyk jenis smpo dan kondisioner dengan berbagai penawarannya. Misalnya, sampo yang akan membuat rambutmu terlihat lebih lurus dan hitam. Ada juga kondisioner yang menjanjikan bahan alami yang terkandung di dalamnya, sehingga membuat rambut menjadi super lembut dan anti kusut. 

Namun, setiap orang memiliki karakter, jenis, dan masalahnya masing-masing. Untuk itu, memilih sampo dan kondisioner untuk rambutmu sendiri tidak boleh asal. Kerap kali, karena faktor efisiensi dan ekonomis, Sahabat Fimela memilih sampo dan kondisioner yang berukuran besar dan good deals. 

Sayangnya, belum tentu keduanya memiliki kandungan yang sesuai dengan concern rambutmu. Berikut beberapa tips memilih sampo dan kondisioner yang sesuai dengan jenis dan masalah rambutmu. 

Kering atau Rusak

[Fimela] Coloured Hair
Coloured Hair | unsplash.com/@elizabethlies

Rambut keriting biasanya memiliki karakteristik yang lebih kering dibandingkan dengan rambut lurus. Tetapi, kadang rambut yang lurus juga bisa terlihat sangat kering dan menimbulkan begitu banyak frizz akibat penggunaan hair styling tools dan heat yang terlalu sering. 

Kerusakan rambut yang juga bisa disebabkan oleh zat kimia dari pewarna rambut dan hair treatment lainnya juga bisa masuk ke dalam kategori ini. Untuk rambut yang kering dan rusak, tulis Beautylish, sebaiknya Sahabat Fimela memilih sampo yang memiliki kandungan yang mampu melembutkan setiap helai rambutmu. Pakailah sampo yang mengandung keratin, sebutan untuk protein yang dibutuhkan rambut, serta minyak alami seperti camelina oil yang mampu membuat rambutmu lebih lemas, mudah diatur, dan lembap. 

Sementara itu, untuk kondisionernya, pilih produk yang mengandung protein dan bahan-bahan alami yang mampu memperbaiki dan memperkuat batang rambutmu. Pasalnya, rambut kering dan rusak lebih rentan patah dan rapuh. 

Rambut Tipis

[Fimela] Rambut Tipis
Ilustrasi Rambut Tipis | unsplash.com/@kalisaveer

Rambut tipis belum tentu terlihat tipis dalam kedaan kering. Bisa saja, tipe rambutmu memang fine alias tipis namun sedikit mengembang. Sehingga terlihat lebih banyak dan subur. Namun, jika diperiksa oleh dokter kecantikan, atau dalam keadaan basah, jumlah rambut dan ukuran batang rambut akan terlihat sangat sedikit dan kecil. 

Fine hair biasanya akan terlihat lebih tipis ketika kamu ikat, atau ketika disanggul. Untuk itu, usahakan untuk menggunakan sampo yang dapat menambah volume rambutmu. Seperti produk yang mengandung moringa seed, artichoke leaf, dan golden root. 

Rambut Kusam

Rambut kusam, tulis Beautylish, biasanya disebabkan karena adanya build up atau sisa-sisa produk atau sebum yang mengendap di kulit kepala dan batang rambut. Untuk itu, kamu harus membersihkannya menggunakan produk sampo yang memiliki kandungan clarifying agent. 

Untuk rambut yang tidak bercahaya atau kusam, Sahabat Fimela bisa menggunakan produk yang mengandung citrus dan glutamic acid yang akan mengembalikan kilau rambut dan membuatnya kembali bercahaya. 

#Growfearless with FIMELA

Fimela ingin mengajak kamu untuk lebih inspiratif dan positif lewat berbagai kelas menarik di Fimela Fest 2019. Yuk, daftarkan dirimu di sini!

Lanjutkan Membaca ↓