3 Cara Tepat Atasi Jerawat Menurut Dokter Kulit

Karla Farhana25 Nov 2019, 17:00 WIB
Diperbarui 25 Nov 2019, 17:00 WIB
[Fimela] Jerawat

Fimela.com, Jakarta Jerawat menjadi salah satu masalah yang paling banyak dikeluhkan perempuan mengenai kesehatan kulit. Bagi sebagian perempuan, jerawat bukan masalah ringan yang bisa hilang dalam hitungan hari. 

Pada beberapa kasus yang parah, jerawat bahkan sangat sulit untuk diatasi. Meskipun sudah menggunakan berbagai produk perawatan kulit wajah yang none comedogenic, jerawat dan kulit yang memerah pun belum juga pulih. 

Maka tidak heran, banyak perempuan yang lebih menyerahkan 'nasibnya' kepada dokter kulit di klinink kecantikan. Namun, biayanya tentu tidak murah. Nah, buat Sahabat Fimela yang menginginkan opsi lain dengan harga yang lebih terjangkau, bisa mengikuti saran-saran para dokter kulit dan melakukan perawatan di rumah. 

Seperti yang dianjurkan Dokter Kulit Tess Mauricio, M.D., asal San Diego. Kepada Hello Giggles dia mengatakan, mengatasi jerawat membandel memang tidak bisa dengan waktu singkat dengan obat-obatan rumahan atau tradisional. Lantas, apa yang sebaiknya kamu lakukan untuk meredakan inflamasi kulit akibat jerawat?

Pilih Produk Tepat

[Fimela] Jerawat
Ilustrasi Jerawat | unsplash.com/@audreyjackson

Menurut Mauricio, kunci utama dalam mengatasi jerawat di rumah adalah dengan menggunakan produk skincare yang tepat untuk kondisi jerawat dan kulitmu kini. Mauricio menganjurkan untuk memilih produk yang mengandung retinoids untuk mengurangi pembengkakan akibat jerawat. 

Selain itu, topical washes yang mengandung bezoyl peroxide atau sulfur juga sangat baik untuk membersihkan kulit wajahmu, tanpa harus memperparah kondisi jerawat. 

Jangan Pecahkan Jerawat

Meski gatal, atau kamu sangat ingin untuk mengeluarkan isi jerawat, jangan pernah lakukan dua hal ini. Jangankan memencet, untuk memegangnya saja kamu tidak boleh. Karena, bakteri dan kuman yang ada jari atau kukumu itu justru bisa memperburuk keadaan jerawat. 

Kurangi Makeup

Mengurangi penggunaan makeup juga merupakan salah satu cara untuk mencegah jerawat membesar dan tambah parah. Kalau bisa, jangan menggunakan makeup selama masa pemulihan kulit wajah yang mengalami jerawat membendel. Pasalnya, makeup dapat menyumbat pori-pori yang bisa mendorong tumbuhnya jerawat baru. 

#Growfearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓