9 Makanan yang Bikin Kulit Terlihat Lebih Sehat

Fimela Editor10 Des 2019, 15:00 WIB
kulit cantik dan sehat

Fimela.com, Jakarta Pergantian musim berpengaruh pada kulit kamu. Kamu bisa mendapatkan kulit yang tampak jauh lebih sehat hanya dalam seminggu dengan mengonsumsi beberapa makanan ini. Karena pola makan sangat berpengaruh pada kondisi kulit seseorang.

Jadi untuk kamu yang ingin memiliki kulit impian, berikut beberapa makanan yang dapat membuatnya tampak jauh lebih sehat seperti dilansir dari Vogue, Senin (9/12/2019).

1. Lemon

Lemon dapat mendetoksifikasi tubuh dengan membantu sistem pencernaan yang akan mengeluarkan racun dengan lebih cepat. Kamu disarankan untuk minum air perasan lemon setiap hari. Tambahkan salad dan jus hijau jika kamu suka.

2. Ubi Jalar

Menambahkan pati kaya beta-karoten ini ke dalam makanan sehari-hari kamu dapat mencegah kulit yang terlihat kusam. Ini karena kombinasi Vitamin A dan C yang dapat mencerahkan kulit. Ubi jalar juga bekerja untuk menetralkan radikal bebas yang merusak jaringan sel penyebab kulit kusam. Selain itu, makanan ini juga penuh dengan biotin yang dapat merangsang pertumbuhan rambut dan kuku.

3. Kacang Almond

Kacang almond merupakan camilan yang menyehatkan. Kandungan vitamin E di dalamnya menjadikan kacang almond sebagai salah satu makanan yang baik untuk kecantikan. Vitamin E yang terdapat di dalamnya dapat membuat kulit lebih lembut dan halus.

Penelitian menunjukkan bahwa vitamin E dapat membantu melawan tanda-tanda penuaan. Selain itu, kandungan yang terdapat dalam kacang almond dapat melindungi kulit terhadap kerusakan yang disebabkan oleh sinar ultraviolet dan menutrisinya agar tidak terlihat kering.

 

4. Chia Seed

kulit cantik dan sehat
kulit cantik dan sehat (iStockphoto)

Biji yang memerangi radikal bebas ini dikemas dengan mineral dan serat serta asam lemak esensial. Chia seed kaya akan manfaat dalam kecantikan, seperti memudarkan bekas jerawat, sebagai anti-aging alami, mencerahkan, dan melembabkan wajah.

Caranya, taburkan chia seed ke dalam smoothie atau salad buah. Jika kamu tidak begitu suka dengan smoothie atau salad buah, kamu bisa merendam chia seed ke dalam susu almond dan minum sebagai hidangan penutup.

5. Nanas

Saat kulitmu mulai terasa kendur dan kamu ingin terlihat lebih baik, buah nanas adalah solusinya. Nanas memiliki banyak manfaat untuk kulit, seperti mengurangi peradangan, membuang racun dari tubuh, dan membantu dalam produksi kolagen. Maka dar itu, nanas juga disebut sebagai anti-aging alami. Selain kaya akan manfaat untuk kecantikan, nanas juga dapat melancarkan pencernaan.

6. Buah Bit

Antioksidan yang kuat dalam bit membantu melawan tanda-tanda penuaan untuk menjaga kulit tetap kencang dan awet muda. Kombinasi mineral dan vitamin (folat, vitamin A, kalium, dan magnesium) merangsang produksi dan perbaikan sel, juga melindungi kulit dari penuaan dini dan kerutan. Caranya, blender buah bit dan apel lalu jus buah ini siap untuk dikonsumsi. Jika kamu suka, tambahkan jahe agar jus yang kamu minum kaya rasa.

 

7. Buah Ara

kulit cantik dan sehat
Ilustrasi kulit cantik dan sehat/copyright shutterstock

Buah kecil ini dipenuhi dengan nutrisi yang membantu membersihkan jalur pencernaan dari racun dan lendir yang dapat mencegah nutrisi penting masuk ke kulit. Buah ara atau buah yang biasa disebut buah tin ini mengandung asal lemak omega-3 yang bermanfaat untuk memberi nutrisi pada kulit, membantu melawan keriput, dan mengurangi kulit memerah akibat jerawat atau penyebab lain.

8. Bayam

Sayuran berdaun hijau ini kaya akan vitamin A yang penting untuk pertumbuhan kulit dan rambut. Tidak hanya itu, bayam juga mengandung vitamin C yang sangat penting untuk membangun dan memelihara kolagen. Kamu dapat mengonsumsi bayam dengan berbagai cara, seperti jus, hingga smoothie.

9. Kurma

Kurma merupakan suguhan manis yang mengandung serat tinggi. Buah ini kaya akan tembaga, mineral penting yang membantu tubuh menyerap zat besi dan membentuk kolagen dan sel darah merah. Manfaat kurma untuk kecantikan diantaranya, dapat melembutkan kulit, mengatasi kulit kusam, menjaga elastisitas kulit, dan mencegah iritasi pada kulit.

Konsumsi makanan ini dan bersiap untuk memiliki kulit cantik dan sehat seperti yang kamu impikan sahabat Fimela!

#GrowFearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓