Pudarkan Noda Membandel Bekas Jerawat dan Flek Hitam dengan Masker Kunyit

Fimela Editor11 Des 2019, 11:30 WIB
Pudarkan Noda Membandel Bekas Jerawat dan Flek Hitam dengan Masker Kunyit

Fimela.com, Jakarta Pernah mendengar tentang kekuatan jitu dari kunyit yang ampuh untuk mencerahkan kulit, memudarkan bintik-bintik gelap, menenangkan peradangan, dan meredakan jerawat? Kunyit merupakan salah satu bahan rempah yang hampir selalu ada di dapur, dan ternyata kaya akan manfaat bagi kecantikan.

Untuk kamu penggemar berat DIY yang ingin mencoba perawatan alami di rumah, masker dengan bahan utama kunyit ini dapat menjadi alternatif tepat.

Melansir dari cosmopolitan.com, ini dia tiga  tahapan DIY masker kunyit yang dapat kamu lakukan di rumah.

DIY Masker Kunyit untuk Meredakan Jerawat

Bahan-bahan:

2 sendok makan bubuk kunyit

1 sendok makan tepung beras

2 sendok makan yogurt atau susu (untuk kulit berminyak)

1 sendok makan madu

Madu memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba alami. Tak hanya itu madu juga merupakan humektan yang dapat menjaga kelembapan, sehingga dapat membantu menenangkan jerawat," kata Dr. Gohara. Campur semua bahan menjadi satu dan aplikasikan masker selama 15 hingga 20 menit. Kemudian, bilas dengan pembersih wajah biasa lalu pakailah pelembap setelahnya.

DIY Masker Kunyit untuk Memudarkan Noda Membandel

Bahan-bahan:

2 sendok makan tepung

1 sendok teh bubuk kunyit

1 sendok makan minyak almond

3 sendok makan susu

Sebagai pengingat yang sangat penting, kunyit dapat meninggalkan noda kuning jika tidak dicampurkan dengan bahan lainnya. Untuk itu, tambahkan satu sendok makan minyak almond agar usai perawatan wajah bebas dari noda kuning yang sekaligus melembutkan tekstur kulit wajah. Masker ini dapat menenangkan kulit yang teriritasi.

Campur semua bahan sampai halus dan pastikan tidak terlalu encer. Kemudian oleskan ke seluruh wajah, lalu bilas setelah 15 menit.

 

DIY Masker Kunyit untuk Kulit Sensitif

Kunyit
Ilustrasi kunyit (Photo by Luísa Schetinger/ Unsplash)

Bahan-bahan:

1 sendok teh bubuk kunyit

½ sendok teh gel lidah buaya

1 sendok teh air mawar

Manfaat baik gel lidah buaya sudah kerap kita dengar. Bahan yang akrab kita sebut dengan aloe vera gel ini sangat berguna untuk kulit sensitif, karena dapat membantu menenangkan kemerahan dan iritasi. Sedangkan air mawar juga memiliki sifat anti-inflamasi alami. Campurkan seluruh bahan dan oleskan dengan lembut pada permukaan kulit. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas.

 

Penulis: Rafinda Eki Puspitasari

#GrowfearlesswithFimela

Ilustrasi Lidah Buaya
Ilustrasi lidah buaya (dok. Pixabay.com)
Lanjutkan Membaca ↓