Mencegah Kerutan, Jauhkan Diri dari 5 Kebiasaan Ini

Fimela Editor12 Des 2019, 16:30 WIB
Diperbarui 12 Des 2019, 16:30 WIB
3 Masker dari Minyak Jarak Buat Kulit Awet Muda

Fimela.com, Jakarta Berapapun usianya, semua orang pasti ingin selalu terlihat awet muda, terutama wanita. Salah satu kunci agar tetap terlihat awet muda adalah kulit yang sehat dan tetap kencang meski usia sudah tak muda lagi. Banyak wanita yang menjalani perawatan kulit hingga rutin menggunakan produk-produk kecantikan demi menjaga keremajaan kulit agar kulit tidak keriput, kendur, serta bebas dari noda-noda akibat penuaan. Eits, tapi itu saja belum cukup. Menjaga keremajaan kulit harus dimulai sejak dini untuk mencegah terjadinya penuaan dini pada kulit. Dilansir dari shape.com berikut 5 kebiasaan yang harus kamu hindari untuk mencegah keriput dan tanda-tanda penuaan dini.

1. Pilih makanan yang tepat

Jika makanan yang kamu konsumsi mengandung minyak sayur, mentega, daging merah, gula, roti non-gandum, makanan olahan, dan sejenisnya justru kamu membuat sebuah kesalahan untuk kulitmu. Makanan-makanan ini akan meradang di dalam tubuh, sehingga mempercepat pembentukan kerutan. Untuk mengurangi penuaan dini, kamu harus mengkonsumsi makanan yang kaya akan asam lemak omega-3 dan asam alfa-linolenat (ALA) seperti biji rami, minyak biji rami, alpukat, salmon, dan minyak zaitun. Makanan-makanan ini akan membantu kulit mempertahankan tampilan yang lembut dan kenyal.

Perbanyak buah dan sayur yang masih fresh, karena buah-buahan dan sayuran yang masih fresh mengandung banyak zinc, selenium, vitamin c, dan beta karoten. Kandungan ini menjadi kunci utama produksi kolagen dalam tubuh yang melindungi kulit dari radikal bebas. Ada banyak opsi dalam menjaga keremajaan kulit, salah satunya dengan mengonsumsi jus paprika merah yang dicampur dengan wortel. Tidak hanya itu, satu gelas brokoli mengandung 100% total nilai vitamin C harian yang dianjurkan. Terakhir, kamu harus pastikan kamu mendapatkan protein yang cukup. Sebuah studi membuktikan, kurangnya jumlah protein dalam tubuh dapat menyebabkan kerutan dan kulit pecah-pecah. Setidaknya makanan yang kamu konsumsi mengandung satu protein, seperti telur, daging sapi tanpa lemak, kacang-kacangan, dan lain sebagainya.

2. Mengabaikan kulit sekitar mata

Seorang penulis buku Skin Rules: Trade Secrets from a Top New York Dermatologist, Debra Jaliman, M.D.,mengatakan Ini adalah kebiasaan baik untuk dimulai sejak dini. “Kulit yang paling tipis ada di sekitar mata dan memiliki beberapa kelenjar minyak.” Ungkap Debra. Kamu bisa mencegah penuaan dengan memilih produk daily eye cream yang mengandung peptida. Kandungan peptida akan bekerja untuk menstimulasi produksi kolagen serta mencegah timbulnya garis-garis halus. Penting diingat bahwa kandungan yang menyebabkan kerutan, garis-garis halus, serta kantung mata adalah kafein dan asam nikotinat.

3. Perhatikan langkah yang tepat saat merias wajah

Selain mempercantik tampilan, merias wajah juga membantu menyamarkan noda-noda di wajah dan tanda-tanda penuaan. Tapi, kesalahan saat merias wajah juga bisa menyebabkan timbulnya kerutan serta membuatmu tampak beberapa tingkat lebih tua. Misalnya, penggunaan foundation yang terlalu tebal dan bedak yang berlebihan akan mengendap pada kerutan yang ada di sekitar mata dan sekitar bibir, hal ini dapat menimbulkan garis halus. Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan foundation dengan kandungan formula yang lebih ringan atau tinted moisturizer, selain ringan keduanya dapat memberikan kesan berkilau pada wajah.

Untuk membuat tampilan mata lebih berkilau, kamu bisa menambahkan eyeliner pencil. Gunakan tisu wajah untuk mengangkat minyak berlebih agar tidak merusak hasil make up. Untuk kulit tampak muda kamu juga bisa menggunakan produk-produk yang mengandung retinol.

 

4. Sabun dengan kandungan pH yang tinggi

Beberapa sabun yang dijual di pasaran mengandung pH yang tinggi, yang mengupas kulit dari asam dan protein alami sehingga menyebabkan kulit mudah meradang hingga dehidrasi. Gunakan sabun dengan kandungan pH alami yang ringan atau pembersih lainnya (non-soap) yang mengandung pelembab agar kulit tetap terjaga kelembapannya. Pastikan kamu memilih produk yang tepat untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 

5. Berjemur

Saat menikmati suasana matahari di tempat dengan pemandangan yang indah rasanya ini adalah waktu yang pas untuk berjemur atau yang biasa kita kenal dengan istilah sunbathing. Tapi, berjemur merupakan sebuah hal yang tidak dianjurkan karena akan berdampak buruk pada kulit. Selain risiko kanker, paparan sinar UV yang berlebihan melemahkan sel-sel kulit serta pembuluh darah. Selain itu kulit juga mudah memar.

Lalu, seperti apa cara yang tepat untuk melindungi kulit? Sunscreen atau Sunblock, ini adalah hal terpenting yang tidak boleh kamu lewatkan, setiap hari. Sebuah studi mengatakan rutin mengaplikasikan sunscreen atau sunblock dapat mengatasi dan mengurangi kerutan, mencegah pertumbuhan kanker kulit, serta menjaga kulit tetap lembut dan elastis.

Jadi, jangan lagi menunda untuk meninggalkan kebiasaan buruk ini untuk menjaga kulitmu tetap terlihat muda dan sehat ya, sahabat fimela.

 

(Iffah Nurahmah)

#GrowFearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓