6 Kerutan Wajah dapat Menggambarkan Kondisi Kesehatan Tubuh

Anisha Saktian Putri19 Feb 2020, 18:30 WIB
Ilustrasi kerutan

Fimela.com, Jakarta Kerutan pada wajah biasanya muncul seiring bertambahnya usia, di sekitar mata, garis bibir hingga dahi. Tanda penuaan ini alami muncul di wajah, apalagi ketika tidak melakukan perawatan wajah.

Namun, tahukan sahabat Fimela bukan hanya menjadi tanda penuaan melainkan kerutan di wajah dapat menggambarkan kesehatan tubuh kita. Penasaran? Dilansir dari Bright Side, berikut tanda-tanda yang perlu diketahui.

1. Garis dahi Horizontal

Garis dahi horizontal ini disebut "Garis Khawatir". Jika kalian memiliki tanda ini, berarti sahabat Fimela memiliki stres. Jika garis horizontal tersebut cukup dalam, itu tandanya harus bersantai lebih sering.

Selain itu, garis-garis ini juga bisa menjadi tanda sahabat Fimela mengonsumsi gula dalam jumlah lebih besar dan tidak cukup air. Jadi, jika memiliki garis-garis ini, harus mengatasinya dengan kualitas diet dan mulai melakukan hobi yang menurut menenangkan.

2. Garis alis bagian kiri

Garis alis bagian kiri pada wajah memiliki korelasi langsung dengan limpa. Jika melihat bahwa ada garis-garis di dekat alis kiri, dan itu menjadi semakin menonjol dalam waktu singkat, ini bisa menjadi tanda bahwa limpa bekerja dengan tidak benar dan mungkin bermasalah. Dalam situasi ini, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan profesional medis.

Selain itu, bisa mengatasinya dengan diet yang sehat. Limpa sendiri akan distimulasi dan diperkuat dengan makanan manis, meski begitu tetaplah berhati-hati dengan jumlah gula yang dikonsumsi, karena sebaliknya, ini bisa berbahaya bagi limpamu. Mengonsumsi buah kering adalah cara yang bagus untuk memperkuat organ ini.

3. Garis alis bagian kanan

Garis-garis dekat alis bagian kanan adalah indikator tingkat toksisitas dalam tubuhmu. Hati sangat terhubung dengan kulit, khususnya garis-garis yang muncul di dekat alis kanan. Jadi, jika garis-garis vertikal itu tampak lebih nyata daripada biasanya, itu mungkin merupakan tanda ketidakseimbangan organ hati.

Untuk mengatasinya, ubah ke diet organik yang mencakup sayuran hijau, dan konsumsi protein jernih dalam jumlah tepat. Pada saat yang sama, cobalah mengurangi asupan kopi, makanan pedas, dan garam.

4. Garis jembatan hidung

Kerutan wajah
Ilustrasi kerutan wajah bisa hilang dengan bantuan makeup. (pexels.com/ bruce mars).

Memiliki garis di jembatan hidung bisa berarti menderita alergi, tetapi juga bisa menunjukkan kekhawatiran dan stres yang berlebihan. Selain itu, garis-garis di jembatan hidung juga terhubung dengan kehidupan cinta, khususnya libido.

Jika garis ini lebih dalam dari sebelumnya, ini dapat menunjukkan bahwa mungkin mengalami dorongan seksual yang lebih rendah dari biasanya.

5. Lingkaran atau kantung bawah mata

Lingkaran atau kantung bawah mata adalah fenomena yang terjadi ketika kita tidak cukup tidur. Tapi, lingkaran di bawah mata juga merupakan indikator kondisi kesehatan lainnya.

Memiliki kantung di bawah mata, bahkan ketika banyak tidur, dapat mengindikasikan ginjal yang lebih lemah dan sirkulasi yang buruk. Dalam situasi ini, cobalah beberapa latihan seperti yoga atau jogging ringan untuk meningkatkan sirkulasi Anda.

6. Garis mulut

Garis-garis yang muncul di sisi mulut terhubung ke usus besar. Jika diperhatikan bahwa garis-garis ini semakin terlihat dalam waktu singkat, mungkin tubuh memberi sinyal bahwa organ usus tidak sehat.

Untungnya, usus besar adalah bagian dari tubuh yang mudah direvitalisasi dan dikembalikan ke keadaan normal. Minum banyak cairan, makan makanan kaya vitamin D, dan berolahraga secara teratur adalah beberapa cara terbaik untuk mempertahankan usus yang sehat.

#Changemakers

Lanjutkan Membaca ↓