Manfaat Jeruk Bali untuk Kesehatan Kulit

Fimela Editor24 Feb 2020, 11:30 WIB
[Fimela] jeruk bali

Fimela.com, Jakarta Jeruk bali memang lezat, bergizi dan sangat bagus untuk kesehatan. Selain itu, buah ini juga sangat bagus untuk kulit kamu karena mengandung banyak vitamin dan mineral. Jeruk bali dapat dinikmati dengan dijus atau dimakan utuh.

Menurut sebuah studi, jeruk bali dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2. Medical News Today mencatat bahwa jeruk bali rendah glikemik, yang artinya memberikan nutrisi tetapi tidak secara signifikan mempengaruhi kadar gula darah. Maka dari itu, jeruk bali cocok untuk kamu yang pecinta manis tanpa takut memiliki efek yang buruk untuk tubuh.

Dilansir dari thelist.com, ada beberapa manfaat dari jeruk bali untuk kesehatan dan kecantikan kulit yang harus kamu ketahui.

1. Mencegah Penuaan

Jika kamu menginginkan kulit yang sehat dan bercahaya alami,jeruk bali adalah jawabannya. Buah ini mengandung vitamin C yang sangat penting untuk pembentukan kolagen. Menurut sebuah studi, vitamin C juga membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan penuaan. Antioksidan retinol yang terkandung dalam jeruk bali membantu memperbaiki kulit yang rusak dan bahkan mengurangi garis-garis halus dan kerutan.

2. Mengurangi kadar minyak pada kulit

[Fimela] Kulit sehat
Ilustrasi kulit sehat | unsplash.com/@branislavisko

Selain untuk menghidrasi kulit, jeruk bali juga mengandung zat astringen alami untuk mengurangi kadar minyak, menghilangkan jerawat dan mengatasi pori-pori yang tersumbat sehingga kamu akan mendapatkan kulit yang halus, bersih dan lembut.

3. Menghilangkan selulit

Selanjutnya, jeruk bali bisa membantu menghilangkan selulit. Kolagen yang terdapat didalamnya membantu menjaga elastisitas kulit. Kim Laudati, dari Kim Laudati Skin Care & Laser, menyarankan untuk memotong jeruk bali menjadi dua dan menggosoknya dengan gerakan melingkar yang kencang sambil menggunakan tekanan pada selulit sebelum kamu mandi.

4. Mencerahkan kulit

Jeruk bali juga dapat menjaga kulit kamu agar tetap bersih dan bercahaya. Roshini Raj, ahli gastroenterologi dan pendiri perawatan kulit TULA, menjelaskan, "Buah jeruk adalah sumber alami vitamin C yang kaya, yang membantu menghancurkan radikal bebas di dalam tubuh sambil memberikan pancaran cahaya pada kulit dan meremajakan kulit kamu dari dalam." Minyak esensial yang terkandung dalam buah jeruk seperti jeruk bali juga memberikan manfaat anti-inflamasi. Jeruk bali dapat memberikan efek cerah pada kulit kamu melalui dalam tubuh ataupun dari luar.

Penulis: Zhafira Majdina

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓