Kandungan Moisturizer yang Diperlukan Kulit Berminyak

Anisha Saktian Putri29 Feb 2020, 12:00 WIB
Kulit berminya/Unsplash Branislav

Fimela.com, Jakarta Jika sahabat Fimela memiliki kulit berminyak, mungkin akan dilema apakah pelembap atau moisturizer dibutuhan untuk perawatan wajah sehari-hari. Hal ini dikarenakan kulit berminyak lebih banyak mengandung minyak alami dan membuat wajah lebih berkilau.

Kulit berminyak sendiri memiliki ciri-ciri seperti wajah terlihat mengkilap dan berminyak, hal ini terjadi karena wajah menghasilkan minyak dari pada biasanya. Tanda-tanda umum lainnya ialah mudah berjerawat, timbulnya komedo, dan pori-pori lebih besar.

Lalu pentingkah kulit berminyak menggunakan moisturizer? Dilansir dari Boldsky, tentu kulit berminyak pun membutuhkan pelembap seperti moisturizer. Hal ini dikarenakan kulit kita memang mengeluarkan minyak secara alami yang dikenal dengan sebum, namun kulit berminyak mengeluarkan sebum lebih banyak.

Jika sahabat Fimela berpikir membersihkan wajah saja cukup untuk tidak membuat wajah berminyak, anggapan itu ternyata salah karena ketika membersihkan wajah akan mengurangi kelembapan kulitmu, dan inilah yang membuat produksi minyak di wajah meningkat.

Oleh karenanya, menggunakan mouisturizer sangat penting untuk menyimbangkan produksi minyak dan membuat wajah lebih sehat. Pelembap memberi dorongan nutrisi pada kulit dan membantunya melawan masalah kulit berminyak.

Moisturizer untuk kulit berminyak

DIY moisturizer wajah alami buat kamu yang tergila-gila dengan skincare organik
Kalau mau memastikan skincaremu benar-benar organik, DIY saja! (Foto: Bransllav unsplash.com)

Ada berbagai pelembap yang tersedia di pasaran, dengan jenis kulit yang berbeda. Nah, dalam memilih moisturizer untuk kulit berminyak, pilihlah bahan non-comedogenic yang tidak akan menghalangi pori-porimu.

Selain itu, membutuhkan bahan-bahan yang memberi kulit jumlah hidrasi yang dibutuhkan, tidak kurang atau lebih. Formulasi gel adalah yang terbaik untuk kulit berminyak. Ringan di kulit, tidak membuat kulit berminyak dan dapat mengontrol kelebihan minyak kulit. Beberapa bahan yang perlu ada di dalam moisturizermu seperti Glycerin, Jojoba oil, Avocado extract, Tea tree oil, Hyaluronic acid, Aloe Vera, dan Squalene.

 

#Changemakers

Lanjutkan Membaca ↓