Atasi Permasalahan Penuaan Dini dengan 5 Tips Paling Efektif Menurut Dermatologis

Fimela Editor27 Feb 2020, 08:30 WIB
Kecantikan

Fimela.com, Jakarta Seiring dengan bertambahnya usia, proses penuaan pada tubuh akan terjadi. Namun yang harus menjadi perhatian adalah, bila terjadinya proses penuaan dini yang disebabkan oleh beragam faktor. Beberapa solusi kerap ditawarkan, ada beberapa bahan yang kurang efektif dan ada pula bahan-bahan yang dipercaya sangat ampuh untuk mengatasi masalah penuaan dini pada kulit.

Masing-masing bahan utama dalam produk anti-aging di pasaran biasanya berfungsi untuk mencegah terjadinya penuaan dini dengan cara kerjanya masing-masing. Dilansir dari realsimple.com untuk membantu kamu mencegah penuaan dini dengan maksimal, berikut penjelasan dari dermatologis seputar beberapa solusi paling efektif disertai dengan rekomendasi produk-produknya.

Ceramides

Lapisan terluar kulit berfungsi sebagai pelindung, menjaga hidrasi dan mengatasi iritasi. Untuk mencegah terjadinya proses penuaan dini, penting untuk menjaga kadar kelembapan kulit agar selalu terhidrasi. Menurut Rita Linker, dermatologis dari New York City, ceramides merupakan bahan yang baik jika kulit rentan terhadap penyakit kulit kering dan eksim. Selain itu, ceramides juga mampu mencegah terjadinya iritasi. Ceramides adalah bahan yang paling efektif untuk semua jenis kulit, kamu bisa gunakan CeraVe PM Face Moisturizer yang mengandung ceramides di dalamnya.

"Ceramides juga dapat menjaga kelembapan kulit dengan maksimal," jelas seorang dermatologis di Chicago, Jordan Carqueville, M.D.

Kolagen

Produksi kolagen alami akan melambat seiring bertambahnya usia. Semua jenis faktor eksternal, seperti paparan sinar matahari juga berkontribusi terhadap kerusakan kolagen.

Selain merupakan bahan yang paling efektif dan bersifat anti-aging pada wajah, kolagen juga berfungsi untuk menjaga kesehatan rambut dan kuku. Agar penuaan dini dapat tercegah, ada baiknya untuk memberikan perawatan ektra dengan kolagen topikal yang ada dalam produk Algenist Genius Sleeping Collagen.

Asam glikolat

Asam glikolat merupakan bagian dari kelompok asam yang dikenal sebagai asam alfa-hidroksi. Memiliki ukuran molekul terkecil sehingga dapat menembus ke bagian kulit yang paling dalam.

Asam glikolat memiliki manfaat exfoliating tradisional dari setiap AHA yang dengan lembut melarutkan ikatan antara sel-sel kulit mati untuk meningkatkan tekstur kulit, warna, dan pori-pori. Asam glikolat juga memiliki manfaat anti penuaan yang unik, yakni meningkatkan kadar kolagen dan elastin pada kulit sehingga juga dapat membantu menangkal keriput.

Hati-hati, asam glikolat dapat menyebabkan iritasi bagi sebagian orang, terutama mereka yang memiliki kulit super sensitif atau ketika digunakan dalam konsentrasi tinggi. Jadi, mulailah menggunakannya secara bertahap untuk memberikan kulit waktu yang cukup untuk membiasakan diri. Kamu dapat mencoba Mario Badescu Glycolic Acid Toner untuk permulaan.

Asam hyaluronic

“Asam hyaluronic bertindak seperti spons, yakni menarik air ke dalam kulit," ujar Linkner. Ini berarti, asam hyaluronic tidak hanya melembapkan tetapi juga dapat membantu mengisi kulit dan mengisi garis-garis halus.

Asam hyaluronic adalah gula alami dalam tubuh jadi tidak mungkin menyebabkan segala jenis komplikasi kulit. Namun, perlu diingat agar bahan anti-penuaan ini dapat bekerjasecara efektif harus dipadukan dengan penggunaan pelembap secara rutin. Dengan kata lain, jika kamu mengoleskannya pada kulit yang sedang kering, itu tidak akan berhasil. Kamu bisa mencoba Inkey List Hyaluronic Acid Serum.

 

Jojoba oil

Keca
ilustrasi kecantikan/copyright unsplash.com/Mandy Zhang

Jojoba oil adalah biomimetik, artinya minyak ini bertindak seperti minyak yang ditemukan secara alami di kulit. Carqueville mengatakan bahwa jojoba oil adalah bahan yang non-komedogenik, sehingga tidak akan menyumbat pori-pori. Jojoba oil juga melembapkan dan dapat menenangkan kulit kering yang teriritasi. Jojoba oil mengandung vitamin E yang berarti memiliki beberapa sifat antioksidan dan juga anti-inflamasi. Jojoba oil berfungsi sama baiknya untuk melembapkan rambut dan kulit kepala. Kamu bisa temukan jojoba oil di Botanics 81% Organic Hydrating Day Cream.

Penulis: Rafinda

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓