Kondisi Kulit Wajah Memburuk Akibat Kurang Tidur? Ini Solusinya

Fimela Editor29 Feb 2020, 08:00 WIB
Ilustrasi tidur

ringkasan

  • Ketika kita tidur, tubuh akan bekerja untuk memperbaiki kerusakan dan merangsang regenerasi sel. Karena itu, ketika kamu kurang tidur, efeknya akan terlihat pada wajah.
  • Seperti jalan cepat lima hingga sepuluh menit dapat membantu memperlancar peredaran darah dan oksigen. Hasilnnya? Wajah akan terlihat lebih segar.
  • Pada pagi hari gunakanlah pelembap yang mengandung bahan asam hyaluronic untuk menghidrasi kulit wajah.
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Kita semua tahu bagaimana rasanya ketika tubuh tidak memilki cukup waktu untuk istirahat dan tidur. Badan terasa lelah, otak akan bekerja lebih lambat, dan stres. Sayangnya tak hanya itu, kulit wajah juga akan terkena dampaknya ketika kamu tidak memiliki waktu tidur yang berkualitas. Kurang tidur dapat membuat kamu terlihat lebih tua. Hormon stres juga akan memecah kolagen, padahal kolagen adalah kunci untuk menjaga kesehatan kulit.

Ketika kita tidur, tubuh akan bekerja untuk memperbaiki kerusakan dan merangsang regenerasi sel. Karena itu, ketika kamu kurang tidur, efeknya akan terlihat pada wajah. Marisa Garshick, MD, FAAD, dokter kulit bersertifikat di MCDS: Pusat Dermatologi Medis dan Bedah Kosmetik di New York City mengatakan bahwa kurang tidur dapat berdampak pada penampilan, seperti munculnya kantong mata, bengkak pada mata, lingkaran hitam, kulit pucat, dan lebih banyak kerutan atau garis-garis halus.

Melansir dari realsimple.com, ada bebera cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi permasalahan kulit saat tubuh kurang tidur.

Lakukan rutinitas perawatan kulit

Sebelum kamu tidur, jangan lewatkan untuk melakukan rutinitas perawatan kulit secara rutin. Faktanya, ini adalah cara terbaik untuk memerangi dampak dari kualitas tidur kamu yang buruk. Menggunakan serum dan produk yang mengandung retinol sangat berfungsi untuk meregenerasi kulit kamu dan menjaga kelembapannya.

Air putih

Saat kamu bangun pagi, konsumsi air mineral untuk menghidrasi tubuh. Hal ini juga bermanfaat untuk melembapkan kulit. Sebaiknya, hindari untuk langsung mengonsumsi minuman manis.

Perhatikan penggunaan scrub

Usahakan saat kondisi kulit tidak prima, jangan menggunakan scrub ataupun sabun cuci muka yang mengandung scrub. Hal ini akan memperburuk kondisi kulit kamu. Sebaiknya gunakan produk yang melembapkan dan menutrisi dengan kandungan lidah buaya, teh hijau, vitamin B3 ataupun resveratol.

Gunakan produk yang mengandung kafein

Produk perawatan kulit yang mengandung kafein sangat efektif untuk menghilangkan lingkaran di bawah mata. "Karena kulit di bawah mata sangat tipis dan terkait dengan visibilitas pembuluh darah di bawah kulit," kata Dr. Garshick. Maka dari itu, menggunakan produk yang mengandung kafein dapat membuat lingkaran bawah mata lebih cerah dan segar.

Gunakan pelembap dengan kandungan asam hyaluronic

Pada pagi hari gunakanlah pelembap yang mengandung bahan asam hyaluronic untuk menghidrasi kulit wajah.

 

 

Olahraga ringan

olahraga HIIT
ilustrasi hiit workout/Photo by MAX LIBERTINE on Unsplash

Tidak memiliki waktu tidur yang berkualitas akan membuat wajah kamu terlihat lebih kusam ataupun pucat. Coba lakukan olahraga ringan. Seperti jalan cepat lima hingga sepuluh menit dapat membantu memperlancar peredaran darah dan oksigen. Hasilnnya? Wajah akan terlihat lebih segar.

Penulis: Zhafira Majdina

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓