Sukses

Beauty

Simak Cara Membersihkan Retainer dengan 4 Langkah Mudah

Fimela.com, Jakarta Mungkin beberapa orang yang masih asing dengan retainer. Retainer adalah alat untuk membantu mengatur gigi agar lebih sempurna. 

Berbeda dengan behel yang bersifat permanen, retainer lebih fleksibel karena bisa dilepas dan dipasang kembali dengan mudah. Karena pemakaiannnya yang lepas pasang, kebersihan retainer terkadang tidak diperhatikan. Hal ini dapat memicu timbulnya bau pada mulut hingga gigi berlubang. 

Namun bagaimana ciri jika retainer kamu sudah harus dibersihkan? Kamu harus membersihkannya jika retainer kamu sudah berbau, terdapat bintik putih di permukaannya atau sudah lebih dari seminggu belum dibersihkan. Melansir dari realsimple.com, berikut cara membersihkan dan menjaga retainer agar tetap dalam keadaan bersih.

1. Sikat dengan sikat gigi yang halus

Mulailah membersihkan retainer dengan cara yang sama seperti kamu menggosok gigi. Gunakan juga sikat gigi yang lembut untuk menggosok plak dan kotoran lainnya. Jika perlu, kamu dapat menggunakan cotton bud untuk masuk ke bagian-bagian dalam retainer. Cobalah untuk memilih pasta gigi yang tidak memutihkan karena dapat menyebabkan kerusakan seiring berjalannya waktu.

2. Rendam dalam obat kumur

Selain menyikat gigi, pembersihan lainnya juga harus dilakukan. Kamu dapat merendamnya dalam obat kumur. Cukup celupkan retainer ke dalam obat kumur non-alkohol selama 2 hingga 3 menit dan bilas dengan air dingin. Pilihlah formula yang tidak mengandung pewarna dalam obat kumur, untuk menjaga retainer agar tak mudah rusak. 

Cara mudah merawat retainer

3. Semprotkan anti-bakteri

 Jika kamu sedang berada di tempat umum dan tidak dapat membersihkannya, semprotan sanitasi adalah alternatif yang bagus. Carilah yang menggunakan formula berbasis hidrogen peroksida yang terbukti dapat membunuh 99,9 persen bakteri mulut dalam waktu 60 detik. Semprotan ini dapat diterapkan hingga enam kali per hari dan membutuhkan waktu kurang dari 6 detik untuk melakukannya.

4. Gunakan soda kue

Baking soda adalah bahan utama untuk bau yang tidak sedap. Selain mengurangi faktor bau, bubuk putih yang terkandung didalamnya dapat menstabilkan tingkat pH mulut secara alami, menyeimbangkan kembali mikrobiom oral dan menjaga bakteri tidak menyebar. Demikian juga, soda kue dapat mensterilkan retainer tanpa menggunakan bahan kimia yang keras.

Penulis: Zhafra Majdina

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading