Alasan Minyak Argan Sangat Cocok Dijadikan Masker Rambut

Karla Farhana29 Mar 2020, 15:00 WIB
Diperbarui 29 Mar 2020, 15:00 WIB
[Fimela] Minyak Argan

Fimela.com, Jakarta Ada begitu banyak jenis minyak alami yang bisa kamu pakai untuk rambut dan kulit kepala. Namun, Sahabat Fimela harus berhati-hati saat memilih minyak ketika jenis rambutmu tebal dengan kutikula yang rapat atau hampir menutup. 

Biasanya, rambut seperti ini adalah rambut yang tebal sejak lahir dan tidak pernah mengalami treatment pewarnaan rambut atau perawatan kimia lainnya. Untuk rambut berjenis ini, kamu membutuhkan minyak alami yang bertekstur ringan. 

Jangan menggunakan minyak castor pada kulit kepala dan rambut sering-sering. Sementara, untuk rambut rusak dan kurang nutrisi juga membutuhkan minyak alami yang ringan sehingga lebih mudah menyerap ke dalam kutikula. The List menyarankan untuk menggunakan minyak argan. 

Menurut celebrity hairstylist Andrew Fitzsimons, minyak argan merupakan minyak yang cocok untuk digunakan sebagai masker rambut. Apa lagi kalau kamu memiliki rambut yang rusak. Seperti kering, patah-patah, hingga bercabang. 

"Minyak argan sangat bagus digunakan sebagai masker rambut, apa lagi untuk rambut rusak. Kandungan vitamin E di dalam minyak ini dapat membantu menghaluskan batang rambut dan memperbaiki rambut bercabang, sementara kandungan omega fatty acid-nya bekerja untuk menguatkan rambut," katanya kepada Byrdie. 

Cara Menggunakan Masker Rambut dari Minyak Argan

[Fimela] masker rambut
ilustrasi rambut sehat dengan masker rambut | unsplash.com/@benhershey

Menurut Fitzsimons, kamu tinggal menggunakan minyak argan ini sebagai masker rambut. Tanpa harus mencampurnya dengan bahan lain, Fitzsimons menyarankan untuk mengaplikasikannya pada seluruh batang rambut. Diamkan selama 15-30 menit. 

Selain dijadikan masker rambut, minyak ini juga mampu melindungi rambut dari panas. Jadi, sebelum menggunakan pelurus rambut atau hair styling tool lainnya, pastikan kamu mengaplikasikan minyak argan ke seluruh rambut sebagai heat protectant. Selamat mencoba!

#ChangeMaker

Simak Video Berikut

Lanjutkan Membaca ↓