Langkah Perawatan Kulit yang Tepat Sebelum Menggunakan Makeup

Fimela Editor26 Mar 2020, 10:30 WIB
Tips cantik

Fimela.com, Jakarta Sebagai pereppuan, perawatan kulit sangatlah penting bagi kulit wajah kamu. penggunaan perawatan wajah ini biasanya digunakan pada malam hari sebelum kamu tidur dan juga pada pagi hari sebelum kamu menggunakan makeup di wajah kamu. Namun, perawatan kulit mana yang harus pertama kamu lakukan?

Sebagai aturan umum, setelah pembersihan kamu harus memulai rutinitas dengan produk-produk yang paling paling mudah diserap dan diakhiri dengan produk yang paling berat, yang biasanya berupa minyak. Bahan-bahan tertentu tidak boleh digunakan pada siang hari — misalnya, retinol membuat kulit kamu lebih peka terhadap paparan sinar matahari.

Dilansir dari purewow.com, berikut adalah langkah-langkah yang tepat untuk kamu melakukan perawatan wajah sebelum mengaplikasikan makeup.

1. Membersihkan wajah

Meskipun tampaknya tidak perlu untuk mencuci muka terlebih dahulu di pagi hari, namun hal itu penting untuk dilakukan. Penumpukan produk apa pun yang kamu tinggalkan di kulit semalaman dapat menyumbat pori-pori. Gunakan pembersih yang lembut, yang dapat mendetoksifikasi kulit, menghilangkan kotoran dan minyak tanpa menghilangkan kelembapan. 

Langkah perawatan kulit sebelum makeup

Cantik
Ilustrasi tren kecantikan/copyright shutterstock

2. Menggunakan serum

Serum adalah sesuatu yang wajib kamu gunakan. Spesifik serum yang kamu butuhkan tergantung pada jenis kulit yang kamu miliki. Semua orang dapat menggunakan serum yang mengandung bahan pelindung seperti vitamin C, niancinamide dan asam ferulic untuk melindungi kulit dari radikal bebas dan memiliki sifat antioksidan.

3. Menggunakan pelembap

Walaupun kamu memiliki kulit berminyak, pelembap merupakan keharusan mutlak dalam rutinitas perawatan kulit kamu. Ini membantu menjaga mengunci serum yang sebelumnya sudah kamu aplikasikan. Pelembab yang baik tidak akan terasa beminyak ataupun terasa berat pada muka kamu. Pelembap juga dapat menggantikan primer pada makeup.

4. Mengaplikasikan tabir surya

Sebelum kamu melakukan aktifitas di luar rumah, menggunakan tabir surya adalah suatu keharusan. SPF melindungi kulit dari segala kemungkinan kerusakan akibat paparan sinar matahari, yang meliputi penuaan dini, bintik hitam dan bahkan kanker kulit. Ada dua jenis utama SPF, yaitu fisik dan kimia. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Secara umum, tabir surya fisik lebih baik untuk kulit sensitif, sedangkan tabir surya kimia cenderung bertahan lebih baik untuk kulit yang lebih berminyak.

Setelah semua rangkaian perawatan kulit di pagi hari telah kamu aplikasikan, kamu dapat langsung mengaplikasikan makeup kamu dan melanjutkan aktivitas kamu sehari-hari.

Penulis: Zhafira Majdina

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓