7 Cara Aman Mengaplikasikan Makeup agar Terhindar dari Virus Corona

Vinsensia Dianawanti05 Apr 2020, 08:00 WIB
[Fimela] Makeup

Fimela.com, Jakarta Virus corona bisa menyebar melalui adanya sentuhan dan perantara benda yang kita gunakan setiap hari. Termasuk alat makeup. Alat makeup merupakan salah satu perantara yang cukup baik untuk menyebarkan virus corona.

Untuk itu, WHO pun menghimbau masyarakat dunia untuk mempraktikkan kebiasaan bersih yang dimulai dengan mencuci tangan dengan sabun selama 20 detik. Selain itu, disarankan untuk tidak menyentuh wajah, hidung, dan mulut menggunakan tangan. Sehingga kita pun harus lebih waspada dalam menjaga kebersihan alat makeup yang digunakan.

Social Bella yang menjadi perusahaan e-commerce kecantikan memberikan tips untuk tetap tampil cantik dan sehat menggunakan alat makeup. Bagaimana caranya?

1. Mulai dan akhiri dengan tangan yang bersih

Biasakan cuci tangan selama 20 detik menggunakan sabun dan air mengalir sebelum makeup dan mengaplikasikan produk perawatan tertentu. Jangan lupa bagian sela-sela jari dan bawah kuku.

2. Hindari makeup di tempat umum

Meski tidak memungkinkan mengadakan acara pertemuan, namun jika ada aktivitas keluar rumah, pastikan kamu makeup di rumah. Makeup di luar rumah bisa terpapar virus dan bakteri.

 

3. Jangan bertukar alat dan produk makeup dengan orang lain

Imel
Ilustrasi Makeup/credit: @pexels/AndersonGuerra

Biasanya sesama perempuan suka saling bertukar pinjam alat dan produk makeup. Namun perlu diketahui jika alat makeup juga rentan menyebarkan bakteri dan virus. Lebih baik, gunakan alat dan produk makeup milik sendiri.

4. Bersihkan alat makeup secara berkala

Bukan hanya membersihkan wajah, membersihkan alat makeup juga penting dilakukan secara berkala. Rendamlah kuas, spons, atau beauty blender dengan air hangat. Selain itu, jangan lupa mengelap kemasan makeup, seperti lipstik, bedak, dan blush on dengan cairan alkohol atau tisu anti bakteri. Pastikan alat makeup tersebut kering sebelum digunakan kembali.

 

5. Membeli produk makeup secara online

Ilustrasi
Ilustrasi makeup. (dok. unsplash.com/Asnida Riani)

Di tengah himbauan social distancing, rasanya tidak mungkin membeli makeup secara langsung di gerai. Sebagai solusi, kamu bisa melakukannya melalui belanja online. Pastikan kamu membeli produk makeup di tempat yang aman.

6. Hindari penggunaan tester langsung ke wajah

Bukan hanya karena virus corona, penggunaan tester harus dilakukan secara benar untuk terhindar dari risiko tertular penyakit atau bakteri. Kamu hanya perlu mengoleskan di tangan atau bagian kulit lain.

7. Makan dan minuman bernutrisi

Ini menjadi aspek yang cukup penting untuk selalu tampil cantik dan sehat. Yakni menjaga kebugaran tubuh. Kamu perlu rajin minum air putih serta makan makanan bergizi untuk menjaga kesehatan kulit. Sehingga kulitmu sehat untuk menunjang makeup yang lebih berkilau.

Simak video berikut ini

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓