Sering Cuci Tangan, Ikuti 3 Tips Memilih Hand Cream untuk Melembapkan Kulit Kering

Karla Farhana09 Apr 2020, 12:30 WIB
[Fimela] hand cream

Fimela.com, Jakarta Ada beberapa cara untuk mencegah virus Corona atau COVID-19. Seperti meningkatkan sistem imun tubuh, hingga sering mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Masalahnya, tulis Women's Health Magazine, kebanyakan sabun biasa mengandung sulfat. 

Sulfat ini merupakan bahan pembersih yang melunakkan kotoran yang ada di permukaan kulit. Meski ampuh membersihkan tangan, kandungan ini juga mengangkat minyak alami yang dihasilkan oleh kulit. 

Sayangnya, kekurangan minyak alami justru membuat kulitmu menjadi sangat kering. Bukan cuma kasar, kulit kering bahkan bisa sampai membuatmu terasa seakan kulit tertarik. Untuk itu, penting sekali menggunakan hand cream untuk melembapkan kulit tangan kembali. 

Tapi, jangan sembarangan memilih lotion atau hand creamSebagian hand cream hanya bisa melembapkan 1 hingga beberapa jam saja. Karenanya, kamu harus mencari hand cream dengan bahan-bahan alami yang dapat melembapkan kulit untuk waktu yang cukup panjang. Simak tips berikut ini!

Minyak Baobab

[Fimela] minyak baobab
pohon baobab | unsplash.com/@themeinn

Minyak baobab berasal dari pohon baobab di Afrika. Minyak ini kaya akan asam lemak yang mampu menyerap ke dalam kulit dengan cepat dan optimal. Women's Healrh Magazine menulis, minyak ini juga mengandung antioksidan. Carilah hand cream yang mengandung minyak baobab untuk melembapkan kulit tangan. 

Hyaluronic Acid

Kulitmu memiliki ceramide, yaitu pelembap kulit alami. Kulit kering biasanya kekurangan kandungan ceramide. Karena itu, kamu harus mencari produk yang memiliki kandungan tertentu untuk menggantikan ceramide yang hilang. Salah satunya dengan hyaluronic acid yang mampu melembapkan kulitmu dengan baik. 

Ekstrak Brokoli

[Fimela] ekstrak brokoli
ilustrasi brokoli | unsplash.com/@anniespratt

Siapa sangka brokoli memiliki banyak manfaat untuk kulit. Salah satunya, melembapkan dan menutrisi kulit. Pasalnya, ekstrak brokoli mengandung vitamin A, C, dan K yang dibutuhkan kulit keringmu. Bukan cuma melembapkan, tetapi kandungannya juga memperbaiki dan menutrisi kulitmu dari luar. 

Itulah beberapa kandungan yang harus kamu cari di dalam hand cream yang akan kamu gunakan. Jangan lupa untuk tetap mencuci tangan dengan sering, terutama sebelum dan setelah makan, setelah memegang benda di tempat umum, atau juga setelah memegang uang fisik. Kemudian, kamu bisa menggunakan hand cream setelah tangan dikeringkan dengan handuk atau tisu. 

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓