Apakah Obat Perawatan Kulitmu Memudahkan Virus Corona Masuk ke Dalam Tubuh? Berikut Penjelasannya

Anisha Saktian Putri06 Apr 2020, 19:00 WIB
Perawatan Kulit

Fimela.com, Jakarta Virus corona telah menyebar secara luas di dunia, berbagai pencegahan pun telah dilakukan. Penyakit Covid-19 ini memang berdampak pada semua sektor, termasuk industri kecantikan.

Dilansir dari InStyle, beberapa orang pun memberikan perhatian ekstra pada pilihan produk kecantikan dan perawatan kulit mereka. Seperti spironolactone, obat oral yang sering diresepkan untuk menangani jerawat. Menurut ahli dari New York yang mengkhawatirkan obat tersebut kontradiksi dengan paparan virus corona.

"Virus ini dapat menempel pada reseptor sel di saluran pernapasan bagian atas, memungkinkannya untuk masuk ke dalam sel, bereproduksi, dan membuatmu sakit," kata Ellen Marmur, M.D., dokter kulit dan pendiri MMSkincare.

Spironolakton, obat tekanan darah yang juga diresepkan untuk jerawat, telah ditunjukkan dalam satu studi 2005 untuk meningkatkan jumlah reseptor pada sel-sel ini, pada dasarnya menciptakan lebih banyak titik masuk untuk virus.

Lalu apakah benar obat tersebut dapat memudahkan tubuh terinfeksi virus corona? Zenovia Gabriel, M.D., seorang dokter kulit yang berpraktik di Newport Beach, CA mengatakan Spironolactone tidak menimbulkan risiko dalam hal virus corona.

"Tidak ada alasan fisiologis mengapa spironolactone akan menyebabkan alasan yang mengkhawatirkan," paparnya.

American Academy of Dermatology belum mengatakan untuk menghentikan spironolactone. "Ada baiknya mendiskusikan alternatif atau obat jerawat dengan doktermu," papar dr. marmur

Bisakah obat lain memengaruhi risiko terpapar virus corona?

Perawatan Wajah
ilustrasi perawatan wajah/copyright shutterstock

Obat lain dapat berisiko? Jawabnnya ya, terutama beberapa obat oral yang diresepkan untuk kondisi kulit yang berhubungan dengan kekebalan tubuh seperti eksim dan psoriasis. "Tidak perlu khawatir tentang steroid topikal karena mereka tidak diserap secara sistemik," kata Dr. Gabriel. "Tapi menggunakan steroid oral seperti prednisone [untuk eksim] akan memengaruhi ke sistem kekebalan tubuh," tambahnya.

Obat oral lain yang harus diperhatikan. Metotreksat, mikofenolat, dan siklosporin semuanya merupakan imunosupresan yang digunakan untuk mengobati psoriasis.

"Ini tidak diresepkan secara luas karena lebih banyak perawatan yang ditargetkan, tetapi mereka bisa menjadi masalah potensial," papar Craig Kraffer, M.D., dokter kulit dan presiden Amarte Skin Care.

Untuk itu, sahabat Fimela disarankan untuk lebih teliti memiliki perawatan wajah atau kulit selama pandemi virus corona.

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓