5 Alternatif Vitamin C untuk Si Kulit Sensitif

Annissa Wulan10 Apr 2020, 08:00 WIB
Ilustrasi cantik

Fimela.com, Jakarta Vitamin C tampaknya telah mengambil peranan penting dalam perawatan kulit. Daftar panjang dari manfaat vitamin C memang menjanjikan, seperti mencerahkan warna kulit, melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, dan mempromosikan produksi kolagen.

Sayangnya, vitamin C bisa memperburuk kondisi kulit sensitif. Jangan khawatir,dilansir dari byrdie.com, Selasa (7/4/2020), berikut ini adalah beberapa alternatif vitamin C untuk kamu yang memiliki kulit sensitif.

1. Niacinamide

Niacinamide adalah alternatif vitamin C yang lebih lembut. Sama halnya dengan vitamin C, Niacinamide merupakan antioksidan yang kuat, dapat menetralkan produksi radikal bebas, mencerahkan kulit, dan meminimalisir garis halus.

Niacinamide juga cenderung tidak akan bereaksi negatif dengan produk perawatan kulit lainnya, berarti cenderung tidak akan menyebabkan iritasi seperti vitamin C. Untuk memulainya, sebaiknya lakukan secara perlahan.

 

 

2. Ginseng India

kulit cantik
ilustrasi perempuan tersenyum/Photo by Ana Francisconi from Pexels

Salah satu manfaat utama dari menggunakan vitamin C dalam rutinitas perawatan kulit adalah untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan sinar dari perangkat elektronik. Ginseng India tidak hanya melindungi kulit dari paparan cahaya, namun juga meningkatkan energi kulit untuk mengembalikan vitalitas.

3. Karotenoid

Safron dan kunyit kaya akan karotenoid atau senyawa botani yang membantu mencerahkan kulit, mengurangi peradangan, dan memberikan perlindungan terhadap paparan cahaya. Manfaat lainnya adalah stabilitasnya. Tidak seperti vitamin C yang dapat dengan cepat teroksidasi, karotenoid tetap aktif dan efektif dalam waktu lama.

4. Viniferine

Ilustrasi kecantikan
Ilustrasi kecantikan. Sumber foto: pexels.com/Shiny Diamond.

Viniferine adalah bahan yang diekstrak dari getah selentingan, dapat mencerahkan kulit, mengatasi jerawat, dan hiperpigmentasi. Bahan yang satu ini juga dikatakan lebih efektif dibandingkan vitamin C.

5. Alpha Arbutin

Alpha Arbutin merupakan kandungan dalam produk perawatan kulit yang dapat memudarkan bintik gelap dan memperbaiki warna kulit. Seperti vitamin C, bahan ini adalah zat pencerah yang efektif, lebih lembut, dan tidak memiliki risiko menyebabkan kulit iritasi. Selamat mencoba!

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓