Isi Waktu Luang Selama Social Distancing dengan Membersihkan Kuas Makeup Secara Tepat

Vinsensia Dianawanti09 Apr 2020, 13:30 WIB
[Fimela] Makeup

Fimela.com, Jakarta Berada di dalam rumah selama social distancing guna mencegah penyebaran virus corona menjadi saat yang tepat untuk membersihkan kuas makeup. Pasalnya, kuas makeup menjadi salah satu alat yang paling sering digunakan ketika melakukan aktivitas di luar rumah. Sehingga membersihkan kuas makeup terdengar menjadi aktivitas yang menarik.

Namun tunggu dulu! Kamu bisa mengingat-ingat kembali kapan terakhir kali kuas makeup dicuci. Jika sudah terlalu lama tidak dicuci, kamu bisa melakukan pembersihan mendalam untuk kuas makeup kesayangamu.

Meski tidak terlihat, kuas makeup sendiri menimbun banyak produk makeup, kotoran, hingga bakteri. Jika terus menerus digunakan tanpa dicuci, akan menimbulkan jerawat membandel pada kulit.

Sehingga perlu dilakukan pencucian rutin agar kuas makeup tetap aman digunakan. Melansir dari Purewow pada Kamis (9/4/2020) idealnya kamu bisa mencuci kuas makeup seminggu sekali. Atau tergantung pada banyaknya pemakaian.

Saat social distancing seperti ini, mungkin penggunaan makeup menjadi jauh berkurang dari biasanya. Kamu bisa memperhatikan warna pada kuas makeup. Jika sudah terlihat banyak produk makeup yang menumpuk, mungkin ini saatnya kamu membersihkannya.

 

Cara membersihkan kuas makeup

Ilustrasi
Ilustrasi makeup. (dok. unsplash.com/Asnida Riani)

Untuk memastikan kuas makeup benar-benar bersih ketika dicuci, kamu bisa menggunakan sabun cuci piring yang dicampur dengan minyak zaitun. Celupkan kuas tersebut ke dalam campuran sabun dan minyak zaitun untuk melarutkan minyak dan kotoran yang menempel di setiap helai kuas.

Jika tidak memiliki alas bertekstur untuk membersihkan kuas, kamu bisa menggunakan telapak tangan. Cukup dengan memutarkan kuas di telapak tangan. Akan terlihat campuran sabun berubah menjadi warna cokelat menandakan kotoran yang menempel.

Bilas dengan air bersih dan ulangi proses mencuci kuas hingga busa tetap terlihat putih. Bila sudah benar-benar bersih, peras air berlebih pada kuas dan jemur di tempat kering dan terpapar sinar matahari langsung.

Simak video berikut ini

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓