5 Saran Dokter Mencegah Bau Mulut saat Puasa

Anisha Saktian Putri12 Mei 2020, 08:00 WIB
bau mulut-kezo

Fimela.com, Jakarta Bau mulut atau nafas tidak segar menjadi permasalahan umum ketika seseorang puasa. Perubahan jadwal makan saat Ramadan mengakibatkan perubahaan fisiologis tubuh, salah satunya dehidrasi yang menyebabkan timbulnya bau mulut.

Untuk menghindari bau mulut dan nafas tetap segar drg. Yulia Rachma Wijayanti , M.M., Sp. Perio membagikan berbagai tips yang bisa sahabat Fimela lakukan di rumah. Apa saja? Berikut ulasannya.

1. Sikat gigi

drg. Yulia menyampaikan perawatan gigi dan mulut sebenarnya sama saja seperti perawatan sehari-sehari ketika tidak berpuasa. Hanya saja waktunya yang berbeda.

Sikat gigi tetap dua kali sehari. ketika puasa bisa menyikat gigi setelah sahur dan sebelum tidur malam.

2. Minum air putih

Minum Air Putih
Ilustrasi Minum Air Putih/copyright shutterstock.com

Saat berbuka puasa, cenderung banyak konsumsi minuman manis. Namun sebaiknya, awali buka puasa dengan minum air putih.

3. Hindari makan berbau

drg. Yulia mengatakan kondisi puasa bau mulut cenderung terjadi di dalam mulut atau sistem pencernaan. Jadi, saat buka puasa atau sahur hindari makanan berbau seperti pete, jengkol, atau bawang putih yang banyak. Namun ketika ingin tetap makan, langsung menyikat gigi.

4. Obat kumur

Obat kumur bila diperlukan saja, dalam arti kondisi memerlukan pembersihan seperti memiliki gigi lubang, karang gigi, atau gusi berdarah. "Kondisi seperti itu tidak cukup hanya sikat gigi, jadi diperlukan obat kumur," ujarnya saat dihubungi redaksi Fimela.

5. Bersihkan lidah

Lidah menjadi tempat bakteri yang menyebabkan bau mulut, maka tak ada salahnya untuk membersihkan lidah.

 

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓