3 Nutrisi Penting yang Dibutuhkan Rambut Agar Cepat Panjang dan Berkilau

Karla Farhana01 Jun 2020, 10:00 WIB
[Fimela] rambut panjang

Fimela.com, Jakarta Rambut adalah mahkota bagi perempuan. Sebagai salah satu anggota tubuh yang bisa membuatmu lebih percaya diri, rambut tentu sangat berarti bagi semua orang. Karena itu, penting sekali untuk merawat mahkota alamimu dengan berbagai cara. 

Selain tidak kusut dan kering, sebagian perempuan juga mendambakan rambut berkilau dan panjang. Namun sayang, tidak semua perempuan dapat dengan mudah memanjangkan rambut. Meski sudah mengaplikasikan hair tonic dan penyubur rambut, tetap saja rambut sulit panjang. 

Ternyata, tulis Byrdie, merawat rambut tidak hanya dari luar saja. Tetapi, kamu juga perlu memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh rambutmu agar bisa kuat dan tumbuh panjang lebih cepat. 

Lantas, apa saja nutrisi yang dibutuhkan agar rambutmu cepat panjang? Jangan lupa, beragam nutrisi ini juga bisa membuat rambutmu berkilau secara alami, lho!

Biotin

[Fimela] Rambut
Rambut | pexels.com/@bennielbester

Tubuhmu memang sudah memproduksi biotin. Karena itu, banyak para ahli gizi berpendapat kalau kamu tidak perlu mengonsumsi biotin tambahan dari supplement buatan. Kamu hanya perlu mengonsumsi beberapa makanan yang mengandung biotin tinggi sehingga rambutmu akan menjadi sehat dan cepat panjang secara alami. 

 Folat dan Besi

Zat folat dan besi membantu memproduksi sel darah merah, yang bertugas utuk membawa oksigen ke seluruh tubuh termasuk kulit kepala dan sel-sel folikel untuk mendorong pertumbuhan rambut lebih cepat. Kekurangan zat besi juga ditandai dengan rambut rontok. Kamu bisa mengonsumsi lebih banyak bayam untuk memenuhi zat folat dan besi untuk kesehatan rambut. 

Vitamin A dan C serta Brokoli

ilustrasi brokoli jenis makanan tidak boleh dikonsumsi saat mentah/pexels
ilustrasi brokoli jenis makanan tidak boleh dikonsumsi saat mentah/pexels

Selain itu, penting juga untuk mengonsumsi berbagai macam sayuran yang kaya akan vitamin. Seperti sayuran yang mengandung vitamin C dan A. Pasalnya, kedua vitamin ini memiliki andil dalam mendorong pertumbuhan rambut.

Vitamin C membantu produksi kolagen dalam tubuh yang membuat folikel tetap sehat. Sementara, vitamin A mendukung sel-sel pertumbuhan, termasuk pertumbuhan rambut. 

Selian itu, jangan sungkan untuk memperbanyak mengonsumsi brokoli. Brokoli dapat membuat rambut menjadi lebih sehat dan kuat. Pasalnya, brokoli kaya akan folat yang baik untuk kesehatan rambut. 

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓