Kenali Masa Kedaluwarsa Produk Kosmetik Berdasarkan Jenisnya

Kezia Prasetya Christvidya03 Jun 2020, 13:35 WIB
makeup-kezo

Fimela.com, Jakarta Banyak perempuan yang suka berbelanja kosmetik, kemudian mengumpulkan kosmetik, hingga menimbun banyak kosmetik di rumah. Terkadang perempuan membeli kosmetik, hanya karena sebuah merek kosmetik mengeluarkan produk baru, atau karena harga makeup yang sedang promo.

Biasanya kosmetik yang ada di rumah, hanya digunakan beberapa kali saja, karena sayang untuk digunakan apalagi dibuang. Kosmetik yang sudah lama tidak digunakan, akan menjadi sarang kuman atau bakteri untuk berkembangbiak, yang bisa membahayakan kulit kita.

Kosmetik yang kedaluwarsa, bisa membuat kulit kemerahan, iritasi hingga menimbulkan jerawat. Yuk kenali masa kedaluwarsa produk kosmetik berdasarkan jenisnya, agar tidak membuat kulit iritasi, yang sudah dirangkum dari berbagai sumber:

 

Foundation dan Concelear

ilustrasi foundation dan concelear/pexels
ilustrasi foundation dan concelear/pexels

Foundation adalah kosmetik yang memiliki warna seperti kulit, yang biasanya digunakan untuk meratakan warna kulit wajah, dan sebagai alas untuk bedak.  Sedangkan concelear sering disebut dengan color corrector, yang merupakan jenis kosmetik untuk menutupi lingkaran hitam di bawah mata, menutupi bekas jerawat dan noda hitam diwajah karena penuaan dini.

Produk kosmetik berupa foundation dan concelear, bisa bertahan hingga 1 tahun, setelah kemesan produk terbuka. Produk kosmetik berupa foundation dan concelear ini, langsung diaplikasikan kebagian kulit wajah, sehingga jika digunakan lebih dari 1 tahun akan menyebabkan jerawat di wajah.

Maskara dan Eye Liner

ilustrasi mascara dan eye liner/pexels
ilustrasi mascara dan eye liner/pexels

Maskara merupakan produk kosmetik, yang biasanya digunakan pada area mata, untuk membuat bulu mata menjadi lebih cantik. Maskara memiliki fungsi untuk mempergelap bulu mata, menjadikan bulu mata lebih tebal, memperpanjang dan memperjelas bulu mata.

Sedangkan eye liner memiliki fungsi sebagai pembingkai mata, untuk membuat kelopak mata menjadi lebih tegas, lebar dan lebih dramatis. Produk maskara dan eyeliner, hanya bisa digunakan selama 3 bulan, karena jika kedaluarsa akan membahayakan area mata.

Setelah lebih dari 3 bulan, akan banyak bakteri yang berkembangbiak di eyeliner, dan bisa saja masuk atau membuat mata iritasi. Selain itu, produk eye liner dan maskara sangat mudah mengering. Sehingga gantilah setiap 3 bulan sekali.

Lipstik dan Lipgloss

ilustrasi lipstik dan lipgloss/pexels
ilustrasi lipstik dan lipgloss/pexels

Lipstik atau yang sering disebut dengan gincu, merupakan kosmetik yang berfungsi untu mewarnai bibir, agar bibir terlihat lebih segar dan tidak pucat. Sedangkan lipgloss merupakan produk bibir, yang bisa melembapkan bibir, dan memberikan efek berkilau pada bibir. 

Produk kosmetik lipstik dan lipgloss, memiliki masa kedaluwarsa hingga 1 sampai 2 tahun, setelah kemasan produk lipstik dan lipgloss dibuka. Produk kosmetik berupa lipstik dan lipgloss, bisa menjadi sarang bakteri jika terlalu didiamkan, dan bisa membuat iritasi pada bibir.

 

Bedak, Brownzer, Blushon dan Eyeshadow

ilustrasi Bedak, Brownzer, Blushon dan Eyeshadow/pexels
ilustrasi Bedak, Brownzer, Blushon dan Eyeshadow/pexels

Bedak merupakan produk kosmetik yang harus digunakan, karena memilki fungsi untuk meratakan warna kulit, dan juga membantu mengontrol minyak pada kulit wajah. Bronzer biasanya digunakan untuk menghasilkan warna hangat untuk membertegas wajah. Biasanya bronzer diaplikasikan pada tulang pipi, hidung dan dahi.

Blush on merupakan produk kosmetik biasa digunakan untuk membuat pipi lebih merah merona, memberikan efek wajah lebih segar, dan membuat tampilan terlihat lebih muda. Eye shadow merupakan produk kosmetik yang digunakan pada kelopak mata, untuk membuat mata terlihat lebih cantik, dan berwarna-warni.

Produk-produk yang memiliki tekstur powder atau bubuk ini, memiliki masa kedaluwarsa hingga 2 tahun, setelah kemasan produk terbuka.

Lanjutkan Membaca ↓