5 Tips Mencari Pelembap yang Tepat untuk Kulit Berminyak

Vinsensia Dianawanti24 Jun 2020, 16:30 WIB
essence-kezo

Fimela.com, Jakarta Berurusan dengan kulit berminyak bisa menjadi suatu hal yang sulit. Kelenjar sebum yang terlalu aktif tidak hanya membuat kulit berisiko pada jerawat namun juga memberikan efek kilau pada wajah.

Banyak faktor yang membuat kulit berminyak semakin menjadi masalah. Mulai dari faktor makanan hingga kurangnya hidrasi pada kulit. Ya! Kulit berminyak tetap membutuhkan hidrasi. Banyak yang mengabaikan hidrasi sebagai kebutuhan dasar kulit. Sehingga mengganggu kesehatan kulit dan direspon dengan produksi minyak yang semakin banyak.

Untuk itu, penting bagi kamu pemilik kulit berminyak untuk mengetahui jenis pelembap seperti apa yang cocok. Seperti dilansir dari Boldsky pada Jumat (19/6/2020) ada beberapa tips yang perlu kamu ketahui tentang pelembap khusus bagi kulit berminyak.

1. Jangan gunakan pelembap biasa

Kesalahan pertama yang kamu lakukan adalah menganggap semua pelembap sama. Padahal kebutuhan pelembap untuk kulit berminyak sama sekali berbeda. Kulit berminyak membutuhkan formula pelembap yang ringan sehingga tidak memicu produksi minyak berlebih.

2. Gunakan formula air nonkomedogenik

Pelembap terbaik untuk kulit berminyak adalah pelembap berbasis air dengan formula nonkomedogenik. Produk pelembap seperti ini tidak akan menyumbat pori-pori kulit. Kamu perlu menghindari pelembap dengan bahan-bahan seperti minyak kelapa, minyak alpukat, minyak zaitun, dan shea butter.

 

3. Gunakan toner sebelum pelembap

ilustrasi kulit berminyak/pixabay
ilustrasi kulit berminyak/pixabay

Produk deep cleansing memang membersihkan kotoran yang tertinggal di kulit. Namun juga meningkatkan tampilan pori-pori. Untuk mempersiapkan kulit dengan lebih baik, gunakan toner sebelum mengaplikasikan pelembap.

4. Aplikasikan dengan ringan

Ketika berhadapan dengan kulit berminyak, cara terbaik adalah menggunakan produk seminimal mungkin. Jadi lebih baik gunakan produk perawatan yang mempersingkat rutinitas perawatan. Setiap produk perlu dipijat dan membutuhkan waktu untuk memastikannya benar-benar menyerap sempurna.

5. Sabar

Kita sering terburu-buru untuk memastikan produk tersebut cocok atau tidak. Perlu diingat bahwa kulit membutuhkan waktu untuk terbiasa dengan perubahan rutinitas perawatan. Sehingga jangan membuang pelembap yang dirasa tidak cocok hanya dengan satu kali penggunaan.

Simak video berikut ini

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓