Tahapan Skincare Dasar yang Paling Baik untuk Remaja

Annissa Wulan22 Jun 2020, 16:00 WIB
Tips Cantik

Fimela.com, Jakarta Hampir mustahil melewati masa remaja tanpa permasalahan kulit sama sekali, inilah mengapa skincare dasar sangat diperlukan. Skincare atau perawatan kulit perlu dilakukan secara rutin sejak dini untuk tampilan kulit yang sehat dan segar.

Tantangan permasalahan kulit bagi remaja cukup besar, karena mereka mengalami lonjakan hormon yang menyebabkan pembesaran kelenjar minyak membuat kulit para remaja cenderung berminyak dan berkomedo. Dilansir dari everydayhealth.com, Senin (22/6/2020), berikut ini adalah skincare dasar yang paling baik dilakukan para remaja, penasaran?

1. Membersihkan dengan hati-hati

Kulit berminyak membutuhkan produk pembersih busa atau gel sebagai langkah skincare dasar. Bersihkan sekali dalam sehari atau dua kali jika kulit sedang sangat berminyak atau kotor sepanjang hari.

Hapus riasan terlebih dahulu jika kamu sedang mengenakan riasan atau cuci muka terlebih dahulu sebelum kamu berolahraga. Untuk kamu yang memiliki kulit kering, cobalah produk pembersih dan pelembap berbasis susu.

2. Membersihkan riasan sebelum tidur

Riasan harus dibersihkan sebelum kamu tidur di malam hari. Terbiasa tidur dengan riasan yang masih tersisa di permukaan kulit wajah akan menyebabkan munculnya jerawat, bahkan mengembangkan risiko terkena dermatitis perioral atau periokular.

3. Mengontrol minyak berlebih

Ada tiga langkah penting untuk mengontrol minyak berlebih, yaitu memilih produk pembersih berbasis asam salisilat, menggunakan produk skincare primer bebas minyak, dan menghapus kelebihan minyak di siang hari dengan tisu.

4. Eksfoliasi

Tips Cantik
Ilustrasi wajah perempuan/copyright shutterstock

Eksfoliasi hanya perlu dilakukan sekali atau dua kali dalam seminggu menggunakan produk yang lembut. Jangan menggosok area yang berjerawat saat kamu melakukan eksfoliasi.

5. Menggunakan produk yang tepat

Jika kamu berjerawat, cobalah langkah-langkah berikut ini, mencuci muka, menggunakan produk toner, dan mengoleskan produk gel untuk jerawat sebagai spot treatment.

6. Jangan berbagi makeup dengan orang lain

Bukan ide yang bagus untuk berbagi produk mata dan bibir, karena kamu sama saja berbagi kuman dan bakteri yang menempel di produk tersebut. Gunakan makeupmu sendiri.

7. Menjaga kebersihan tangan

Salah satu cara membantu kulit tetap sehat ada dengan melindunginya dari paparan kotoran dan kuman. Mencuci tangan secara teratur sebelum menyentuh kulit wajah adalah ide yang baik.

8. Memilih produk spray

Ilustrasi cantik
Ilustrasi cantik/kecantikan. (Foto: shutterstock.com)

Jika kamu memilih jerawat di sekitar garis rambut, kemungkinan besar produk perawatan rambut yang kamu gunakan tidak cocok. Beralihlah kepada produk spray atau semprot yang kecil kemungkinannya menyebabkan jerawat.

9. Tidak menggunakan pasta gigi

Banyak orang masih percaya bahwa pasta gigi dapat mengatasi masalah jerawat. Faktanya, pasta gigi justru bisa membuat kondisi kulit lebih buruk jika kamu alergi terhadap bahan-bahan di dalamnya.

10. Menggunakan tabir surya

Produk tabir surya dapat membantu mencegah bekas jerawat menjadi semakin gelap di masa mendatang.

11. Temui dokter kulit

Jika kamu memiliki masalah dengan jerawat membandel, bertemu dengan dokter kulit mungkin akan membuat perbedaan besar. Resep dari dokter kulit cenderung lebih efektif dibandingkan kamu menggunakan produk yang dijual bebas.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓