Perawatan Rumahan untuk Kulit Tampak Cerah dan Sehat

Kezia Prasetya Christvidya01 Jul 2020, 11:15 WIB
bodycare-kezo

Fimela.com, Jakarta Seorang perempuan pasti ingin memiliki kulit tubuh dan wajah yang cerah dan sehat. Tentu saja untuk mendapatkan kulit cerah dan sehat, harus melakukan perawatan secara rutin.

Banyak sekali produk perawatan kulit yang dijual di pasaran, untuk membantu merawat dan menyehatkan kulit, agar kulit lebih cerah dan sehat.

Tak harus pergi ke salon, ternyata perawatan kulit bisa dilakukan di rumah saja, dengan biaya yang cukup hemat. Berikut perawatan rumahan, yang bisa membuat kulit tampak cerah dan sehat, dirangkum dari berbagai sumber:

Merawat Kulit Wajah

ilustrasi perawatan rumahan untuk kulit cerah dan sehat/pixabay
ilustrasi perawatan rumahan untuk kulit cerah dan sehat/pixabay

Perawatan rumahan yang bisa dilakukan, agar kulit lebih cerah dan sehat, bisa melakukan perawatan wajah secara rutin. Sahabat Fimela bisa menggunakan skincare khusus untuk wajah, seperti menggunakan toner, serum wajah hingga pelembap dan tabir surya untuk melindungi dan melembapkan wajah.

Gunakan skincare yang diformulasikan untuk membantu mengatasi masalah kulit wajah, seperti skincare khusus kulit berjerawat atau kulit kering, agar kulit lebih cerah dan sehat.

Selain menggunakan produk skincare, rajinlah menggunakan masker dari bahan alami, dan rajin mencuci wajah minimal dua kali sehari.

Merawat Kulit Area Mata

ilustrasi perawatan kulit area mata ala rumahan/unsplash
ilustrasi perawatan kulit area mata ala rumahan/unsplash

Perawatan ala rumahan yang bisa dilakukan selanjutnya, yaitu merawat kulit area mata, untuk menghilangkan tanda-tanda penuaan dini. Tanda penuaan dini biasanya muncul pada area mata, seperti kantong mata yang menggelap, kerutan yang semakin banyak pada area mata dan timbul milia di bagian area kulit mata.

Sahabat Fimela bisa mengompres area mata, dengan menggunakan timun atau kentang, untuk mencerahkan dan menyehatkan kulit area mata.

Mengompres mata dengan mentimun dan kentang, juga bisa membantu menghilangkan mata bengkak, dan lingkaran hitam di sekitar mata. Selain itu, gunakan minyak zaitun atau krim mata secara rutin, untuk membantu menghilangkan kerutan dan melembapkan kulit area mata.

 

Merawat Bibir

ilustrasi perawatan bibir ala rumahan/unsplash
ilustrasi perawatan bibir ala rumahan/unsplash

Perawatan ala rumahan yang bisa dilakukan berikutnya, yaitu merawat bagian bibir, agar lebih sehat dan lembut. Gunakan scrub bibir, untuk mengangkat sel kulit mati di bibir, agar bibir lebih lembut dan mudah menggunakan lipstik.

Selain itu, gunakanlah pelembap bibir alami seperti minyak zaitun atau madu, yang bisa membantu melembapkan bibir secara alami.

 

Merawat Kulit Tubuh

ilustrasi perawatan tubuh ala rumahan/unsplash
ilustrasi perawatan tubuh ala rumahan/unsplash

Perawatan ala rumahan yang bisa dilakukan, yaitu merawat kulit bagian tubuh, agar tampak lebih cerah dan sehat. Perawatan tubuh bisa dilakukan dengan, rajin mandi 2 kali sehari, menggunakan lulur untuk tubuh dan menggunakan lotion agar kulit lembap.

Rajin menggunakan lulur setiap dua kali dalam seminggu, bisa membantu mengangkat sel kulit mati, sehingga kulit tubuh lebih lembut dan membantu meregenerasi kulit.

Jangan lupa setelah mandi, gunakan tabir surya setiap hari walaupun hanya di rumah, untuk melindungi kulit tubuh terpapar sinar matahari.

Merawat Kulit Kaki

ilustrasi perawatan kulit kaki ala rumahan/unsplash
ilustrasi perawatan kulit kaki ala rumahan/unsplash

Perawatan ala rumahan yang bisa dilakukan terakhir, yaitu merawat kulit kaki terutama bagain tumit, agar tidak kering dan pecah-pecah.

Gunakan krim kaki setiap malam hari, untuk menjaga tumit tetap lembut, dan jangan lupa menggunakan scrub untuk mengangkat sel kulit mati.

Sahabat Fimela juga bisa menggunakan kaos kaki lembut, untuk melindungi kulit pada tumit kaki, dan merendam kaki dengan air hangat dicampur garam.

Lanjutkan Membaca ↓