10 Trik yang Bikin Pertumbuhan Rambut Lebih Cepat

Vinsensia Dianawanti15 Jul 2020, 16:30 WIB
[Fimela] rambut

Fimela.com, Jakarta Ketika bosan dengan rambut pendek kerap kali muncul hasrat untuk memiliki rambut panjang dan lebat. Namun, pertumbuhan rambut pun tidak terjadi dalam satu malam saja.

Setiap orang membutuhkan waktu yang berbeda dalam pertumbuhan rambut. Selain karena keturunan, faktor gaya hidup yang dilakoni setiap hari juga menentukan seberapa cepat pertumbuhan rambut terjadi.

Menjalani gaya hidup serta perawatan yang tepat tentu akan menstimulasi pertumbuhan rambut. Seperti dilansir dari Boldsky pada Selasa (7/7/2020) berikut sejumlah trik bisa kamu lakukan untuk mempercepat proses pertumbuhan rambut.

1. Potong secara rambut

Bukan karena ingin memanjangkan rambut, lantas kamu tidak memotongnya selam berbulan-bulan. Justru dengan memotong bagian ujung rambut secara rutin akan mempercepat pertumbuhan rambut. Rambut yang bercabang dan rusak akan membuat sulit tumbuh.

2. Keramas dengan cara yang benar

Untuk mendapatkan pertumbuhan rambut yang cepat, kamu harus memastikan akar rambut dalam kondisi baik dan ternutrisi. Selain itu, cara keramas juga berpengaruh. Kamu bisa menggunakan sampo antibakteri dengan bahan alami untuk menjaga kulit kepala tetap bersih dan bebas bakteri. Saat dibilas, pastikan sembari dipijat secara menyeluruh untuk pembersihan yang mendalam. Kamupun harus mencuci rambut secara rutin dengan jadwal yang sama. Seperti 2-3 kali seminggu dengan jeda 2-3 hari.

 

3. Gunakan kondisioner

ilustrasi kebiasaan yang membuat rambut rusak/unsplash
ilustrasi kebiasaan yang membuat rambut rusak/unsplash

Jika ingin memanjangkan rambut, kondisioner adalah sebuah kewajiban. Kondisioner akan memberikan lapisan pelindung pada rambut dan mencegahkan dari kerusakan. Selain itu, ia juga menambah kelembapan rambut.

4. Jangan bungkus rambut basah

Salah satu kesalahan terbesar dalam perawatan rambut adalah membungkus rambut basah erat-erat dengan handuk. Rambut basah menjadi sangat rentan sehingga ketika dibungkus terlalu ketat akan menyebabkan tarikan yang berakibat pada kerontokan rambut. Lebih baik, gunakan handuk lembut atau t-shirt lama untuk memeras air berlebih. Setelah itu biarkan ia mengering secara alami.

5. Beri minyak rambut seminggu sekali

Kulit kepala membutuhkan nutrisi untuk memastikan pertumbuhan rambut lebih cepat. Saat proses menumbuhkan rambut lebih lama, berikan perhatian khusus dengan menggunakan minyak rambut. Pijat minyak rambut untuk merangsang folikel rambut dan melembapkan kulit kepala. Gunakan dua kali seminggu dan biarkan satu jam atau semalaman untuk menyerap nutrisi dari minyak.

6. Jangan menyisir rambut basah

Saat rambut basah, ia menjadi rapuh dan mudah patah. Dengan menyisir rambut basah tentu akan memperburuk masalah. Tahan diri untuk menyisir rambut jika ingin pertumbuhan rambut terjadi lebih cepat.

 

7. Jangan diwarnai atau diputihkan

hair-kezo
ilustrasi Masker rambut alami berbahan dasar kuning telur/unsplash

Mengubah warna rambut biasanya melibatkan pemutihan untuk menetralkan warna gelap. Zat kimia yang ada pada produk pemutih akan merusak akar rambut. Rambut akan kehilangan kekuatannya dan menghambat pertumbuhan rambut itu sendiri.

8. Jangan keramas dengan air hangat

Rambut menjadi sangat rentan ketika keramas dengan air panas. Air panas akan mengupas minyak alami pada kulit dan menyebabkan kulit kepala menghasilkan minyak berlebih. Menyebabkan penumpukan besar di kulit kepala sehingga mencegah pertumbuhan rambut. Gunakan air dingin untuk keramas sehingga dapat merangsang pertumbuhan rambut.

9. Istirahatkan penataan rambut

Menggunakan peralatan rambut yang melibatkan pemanasan akan merusak rambut. Membuatnya kering dan menghambat pertumbuhan rambut. Sah-sah saja jika kamu masih menggunakannya. Hanya saja bersikaplah lembut dengan memberi jeda waktu menggunakan alat penataan tersebut. Kamu bisa menggantinya dengan gaya rambut kepang atau sanggul sederhana.

10. Mencoba masker rambut alami

Masker rambut dengan bahan-bahan alami bisa menjadi cara terbaik untuk memberi makan folikel rambut dan merangsang pertumbuhannya. Coba gunakan masker rambut ini dengan bahan-bahan, seperti telur, minyak zaitun, dan minyak esensial setidaknya seminggu sekali.

Simak video berikut ini

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓