Panduan Penting untuk Melakukan Eksfoliasi

Annissa Wulan10 Jul 2020, 16:30 WIB
mencuci muka

Fimela.com, Jakarta Eksfoliasi atau rutinitas pengelupasan kulit dilakukan untuk menghilangkan lapisan kulit luar yang telah mati agar digantikan dengan sel-sel yang lebih muda dan menjadikan kulit terlihat lebih sehat. Eksfoliasi yang dilakukan secara rutin adalah kunci untuk membuat kulit lebih bercahaya.

Eksfoliasi fisik dan kimia membantu mencerahkan kulit. Pelepasan lapisan kulit luar membuka pori-pori, menjaga kulit tetap bersih, dan membantu mengurangi jerawat.

Dilansir dari purewow.com, eksfoliasi membantu menghaluskan kulit, mengurangi munculnya garis halus dan kerutan. Siklus pelepasan kulit terjadi secara alami setiap 28 hari atau lebih, namun eksfoliasi dapat mendorong pergantian sel dengan lebih cepat.

Eksfoliasi kimia membantu mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit. Biasanya, eksfoliasi kimia dilakukan dengan produk yang mengandung bahan-bahan seperti asam glikolat, asam salisilat, dan asam laktat.

 

 

Serba serbi eksfoliasi

Cuci Muka
Ilustrasi mencuci muka/copyright shutterstock

Sedangkan eksfoliasi fisik dilakukan dengan produk yang mengandung butiran kecil untuk secara mekanik menggosok kotoran pada kulit. Kamu bisa melakukannya dengan kuas atau spons.

Untuk kulit yang tidak sensitif, kamu bisa melakukan eksfoliasi kimia, karena jenis eksfoliasi ini sangat baik untuk semua jenis kulit, terutama untuk kulit yang berjerawat dan memiliki kerusakan akibat paparan sinar matahari atau kulit yang sangat sensitif. Pengelupasan ini bekerja untuk mengelupas lapisan atas kulit.

Serba serbi eksfoliasi

cuci muka
Ilustrasi cuci muka/copyright shutterstock

Sedangkan eksfoliasi fisik bekerja sedikit lebih dalam untuk memecah dan melarutkan hal-hal yang menahan sel-sel kulit mati. Para pakar sepakat untuk merekomendasikan eksfoliasi sebagai perawatan kulit yang hanya boleh dilakukan setiap 2 atau 3 kali dalam seminggu, agar kulit tidak menjadi terlalu kering atau teriritasi.

Untuk pemilik kulit sensitif, carilah produk eksfoliasi yang mengandung emolien, karena dapat membantu melindungi penghalang kulit selama dan setelah proses eksfoliasi. Jangan lakukan eksfoliasi jika kamu mendapati kulit sedang meradang akibat ekstraksi atau terbakar karena paparan sinar matahari.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓
Nusantara Fashion Festival 2020