7 Cara Mengatasi Rambut Lepek, Saatnya Say Goodbye Biar Makin Pede!

Wuri Anggarini11 Jul 2020, 12:34 WIB
7 Cara Mengatasi Rambut Lepek, Saatnya Say Goodbye Biar Makin Pede!

Fimela.com, Jakarta Terburu-buru buat bekerja atau melakukan aktivitas di luar rumah lainnya, jelas dong rasanya ingin penampilan on point secara instan. Makeup sudah terlihat cantik, sayangnya rambut malah terlihat kurang oke karena lepek. Duh, pasti rasanya gregetan banget dan berharap ada cara mengatasi rambut lepek secara instan yang bisa menyelamatkan penampilan.

Rambut bervolume yang cetar memang jadi dambaan buat menyempurnakan penampilan para perempuan. Jadi, nggak heran kalau rambut lepek seringnya jadi drama yang membuat penampilan kurang oke. Tapi, bukan berarti nggak bisa diatasi kok. Ini dia 7 cara mengatasi rambut lepek yang bisa kamu lakukan sendiri. Saatnya say goodbye biar makin pede!

Apa Penyebab Rambut Lepek?

7 Cara Mengatasi Rambut Lepek, Saatnya Say Goodbye Biar Makin Pede!
(c) Shutterstock

Supaya bisa menemukan cara mengatasi rambut lepek yang tepat, pastikan kamu cari tahu terlebih dulu apa penyebab rambut lepek yang sering dialami. Dirangkum dari berbagai sumber, ada banyak penyebab rambut lepek yang bikin dilema. Salah satunya adalah cuaca yang panas di Indonesia sehingga bikin kulit kepala rentan berkeringat. Keringat yang menumpuk inilah yang kemudian membuat rambut jadi lepek dan terlihat lifeless.

Selain itu, masih banyak faktor lain yang bisa bikin rambut jadi terlihat lepek. Mulai dari pemilihan sampo yang salah, rambut yang terlalu sering disisir, hingga kebiasaan mengikat rambut saat masih dalam keadaan basah. Ada juga yang memang memiliki jenis rambut tipis sehingga mudah terlihat lepek saat beraktivitas. Kalau kamu sendiri kira-kira faktor apa yang menyebabkan rambut lepek?

Cara Mengatasi Rambut Lepek Tanpa Keramas

7 Cara Mengatasi Rambut Lepek, Saatnya Say Goodbye Biar Makin Pede!
(c) Shutterstock

Salah satu penyebab rambut lepek juga bisa disebabkan oleh penumpukan minyak dan keringat di kulit kepala. Kalau nggak sempat keramas, ada nggak sih cara mengatasi rambut lepek yang bisa dilakukan? Ada kok! Cara mengatasi rambut lepek tanpa keramas bisa dilakukan dengan penggunaan dry shampoo! Yup, produk ajaib ini dikenal punya kemampuan menyerap minyak berlebih di kulit kepala, sehingga rambut bisa terlihat lebih on point lagi.

Cara penggunaannya gampang banget kok. Buat rambut jadi dua bagian, lalu aplikasikan dry shampoo hingga ke area kulit kepala. Pijat secara merata. Setelah itu, bersihkan sisa dry shampoo dengan bantuan hair dryer sambil melakukan blow rambut agar lebih bervolume.

Kalau nggak punya dry shampoo, cara mengatasi rambut lepek yang bisa kamu lakukan adalah menggantinya dengan bedak bayi. Produk tersebut juga bekerja dengan cara yang sama, yaitu menyerap minyak berlebih yang muncul di area kulit kepala.

Cara Mengatasi Rambut Lepek Setelah Keramas

7 Cara Mengatasi Rambut Lepek, Saatnya Say Goodbye Biar Makin Pede!
(c) Shutterstock

Biasanya sih setelah keramas rambut akan terlihat lebih bervolume karena minyak dan keringat yang menumpuk di kulit kepala sudah dibersihkan. Tapi, beda lagi dengan yang kamu alami karena rambut malah terlihat lepek setelah keramas. Kok bisa?

Tenang, jangan panik dulu karena ada cara mengatasi rambut lepek setelah keramas yang bisa kamu lakukan di rumah. Untuk mencegah hal ini terjadi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan nih. Mulai dari keramas dengan air hangat yang efektif untuk mengangkat minyak dan merawat rambut lebih sehat. Tapi, jangan terlalu panas supaya nggak menyebabkan kerontokan.

Selain itu, perhatikan cara menggunakan kondisioner yang kamu terapkan. Hindari penggunaan kondisioner hingga kulit kepala, karena formulanya yang melembapkan rambut bisa membuat kulit kepala berminyak. Jadi, gunakan kondisioner hanya dari bagian tengah hingga ujung rambut saja supaya nggak mengalami rambut lepek setelah keramas.

Cara mengatasi rambut lepek setelah keramas lainnya adalah dengan memperhatikan teknik mengeringkan rambut yang dilakukan. Saat rambut masih basah, keringkan rambut sambil menundukkan kepala dan fokus pada akar rambut. Setelah itu, kembalikan kepala ke posisi semula dan sisir cukup menggunakan jari saja.

Cara Mengatasi Rambut Lepek Setelah Smoothing

7 Cara Mengatasi Rambut Lepek, Saatnya Say Goodbye Biar Makin Pede!
(c) Shutterstock

Proses pelurusan rambut seperti smoothing memang bisa menyulap rambut yang mekar dan susah diatur jadi lebih lurus dan lembut. Tapi, efek smoothing malah membuat rambut jadi terlihat mudah lepek. Duh, mesti gimana dong?

Cara mengatasi rambut lepek setelah smoothing sebenarnya bisa dilakukan dengan sederhana. Misalnya dengan menyamarkan rambut menggunakan topi atau bandana atau melakukan penataan rambut lainnya. Selain itu, kamu bisa melakukan penataan rambut setelah keramas dengan bantuan hair spray dan hair dryer agar rambut terlihat lebih bervolume.

Cara Mengatasi Rambut Lepek dan Berminyak

7 Cara Mengatasi Rambut Lepek, Saatnya Say Goodbye Biar Makin Pede!
(c) Shutterstock

Rasanya baru tadi pagi keramas, eh siangnya rambut sudah terlihat berminyak dan lepek lagi. Begitulah yang sering dirasakan oleh pemilik kulit kepala berminyak. Saking aktifnya sebum di kulit kepala, produksi minyak pun berlebihan. Lalu, bagaimana cara mengatasi rambut lepek dan berminyak seperti ini?

Hal pertama yang wajib dilakukan adalah memastikan keramas secara rutin dan bersih maksimal agar tidak terjadi penumpukan minyak di kulit kepala. Selain itu, hindari penggunaan produk styling rambut seperti vitamin atau serum yang menyentuh hingga bagian kulit kepala. Hal ini bisa memicu rambut jadi lebih berminyak dan tampak lepek. Pastikan rambut benar-benar kering sebelum tidur, supaya kamu nggak mengalami masalah rambut lepek saat bangun tidur.

Cara Mengatasi Rambut Lepek dengan Bahan Alami

7 Cara Mengatasi Rambut Lepek, Saatnya Say Goodbye Biar Makin Pede!
(c) Shutterstock

Salah satu cara mengatasi rambut lepek yang bisa dilakukan di rumah adalah dengan menggunakan bahan alami. Ada banyak bahan di sekitar yang bisa membantu mengatasi rambut lepek dan bikin lebih bervolume. Misalnya dengan memanfaatkan kelebihan cuka apel. Yup, sari cuka apel bisa membuat rambut lebih lembut dan menyerap kandungan berlebih. Cara penggunaannya juga simpel banget. Tuangkan sedikit cuka apel pada kapas, lalu oleskan sedikit demi sedikit ke rambut setelah keramas.

Selain itu, lidah buaya yang dikenal dengan segudang manfaat untuk kesehatan rambut juga berperan sebagai cara mengatasi rambut dengan bahan alami yang bisa dilakukan di rumah. Kandungan vitamin, mineral, dan enzim di dalamnya bisa membantu mengurangi kadar minyak di rambut. Cara penggunaannya juga mudah, gunakan gel aloe vera untuk keramas, lalu bilas sampai bersih dan lanjutkan dengan penggunaan sampo seperti biasa. Gampang kan!

Cara Mengatasi Rambut Lepek dan Tipis

7 Cara Mengatasi Rambut Lepek, Saatnya Say Goodbye Biar Makin Pede!
(c) Shutterstock

Punya rambut tipis yang lifeless memang bisa membuatnya terlihat lepek setiap saat. Pasti gemas banget kan melihatnya. Tapi jangan panik dulu, masih ada kok cara mengatasi rambut lepek dan tipis yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan penampilanmu.

Langkah pertama adalah menemukan gaya rambut yang tepat untuk membuat rambut terlihat lebih bervolume. Kalau ingin menjajal short style, gaya rambut blunt bob atau pixie cut bisa dicoba. Sementara jika masih betah dengan rambut panjang, gaya rambut wavy hair atau layering bisa jadi rekomendasi yang tepat.

Cara Mengatasi Rambut Lepek dengan Produk Perawatan Rambut

7 Cara Mengatasi Rambut Lepek, Saatnya Say Goodbye Biar Makin Pede!
(c) Shutterstock

Jangan salah, pemilihan produk perawatan rambut penting banget untuk kondisi rambutmu. Misalnya awali dengan pemilihan sampo yang sesuai dengan jenis rambut. Jika memiliki rambut berminyak, hindari jenis rambut yang mengandung minyak karena bisa membuat rambut semakin lepek. Jadi, cara mengatasi rambut lepek dengan produk perawatan yang tepat itu sangat diperlukan.

Selain itu, perhatikan juga penggunaan produk perawatan rambut lainnya. Misalnya kondisioner yang sebaiknya hanya digunakan dari bagian tengah hingga ujung rambut saja. Selain itu, penting juga memperhatikan produk perawatan rambut lain yang digunakan. Misalnya vitamin rambut yang sebaiknya juga nggak dipakai hingga area kulit kepala.

Itu tadi 7 cara mengatasi rambut lepek yang bisa kamu praktikkan mulai sekarang demi mendapatkan penampilan yang maksimal. Yuk, saatnya coba terapkan dan say goodbye biar penampilanmu lebih percaya diri!

Lanjutkan Membaca ↓
Nusantara Fashion Festival 2020