Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan Kulit

Kezia Prasetya Christvidya15 Jul 2020, 17:15 WIB
skincare-kezo

Fimela.com, Jakarta Beberapa produk kecantikan, sering kali memiliki kandungan vitamin C, yang sangat baik untuk kesehatan kulit wajah. Bukan tanpa sebab, hal ini karena vitamin C dipercaya dapat mencerahkan kulit dan mengatasi penuaan dini.

Vitamin C bisa membantu memberikan nutrisi penting pada kulit wajah, agar terhindar dari kerusakan kulit wajah. Selain produk kecantikan, vitamin C bisa didapatkan pada makanan dan minuman yang menyehatkan, dan obat-obatan yang bisa membantu mencerahkan kulit.

Tidak hanya kulit wajah, vitamin C juga baik untuk membantu menjaga kesehatan tubuh, dan menambah sistem imun di dalam tubuh. Berikut manfaat vitamin C, yang baik untuk kesehatan kulit wajah, dirangkum dari berbagai sumber:

Menangkal Radikal Bebas

ilustrasi manfaat vitamin c untuk kulit/unsplash
ilustrasi manfaat vitamin c untuk kulit/unsplash

Manfaat vitamin C yang pertama, yaitu membantu menangkal radikalt bebas, sehingga kulit tetap sehat dan cerah. Radikal bebas bisa menyebabkan kerusakan pada kulit, seperti munculnya tanda-tanda penuaan dini, dan kulit kusam atau kulit kering.

Produk yang memiliki kandungan vitamin C sangat baik digunakan, karena vitamin C merupakan salah satu sumber antioksidan, yang berfungsi mencegah dan melindungi kerusakan sel dan jaringan kulit.

Meningkatkan Produksi Kolagen

Manfaat vitamin C yang selanjutnya, yaitu membantu memproduksi kolagen di kulit wajah, yang bisa membantu mencegah penuaan dini di kulit. Kolagen yang terdapat di dalam vitamin C, bisa membantu menjaga elastisitas kulit, dan menjaga kulit tetap lentur tidak kendur.

Selain itu, kolagen juga bisa membantu merawat luka bekas jerawat, dan membantu menyembuhkan luka di wajah. 

Menenangkan Kulit Wajah

ilustrasi manfaat vitamin c untuk kesehatan kulit/pixabay
ilustrasi manfaat vitamin c untuk kesehatan kulit/pixabay

Bagi Sahabat Fimela yang sering berjemur, atau terkena paparan sinar matahari, menggunakan produk yang mengandung vitamin C bermanfaat untuk membantu menenangkan kulit. Biasanya kulit yang sering terkena sinar matahari, akan mengalami kemerahan, kering dan kusam.

Maka gunakanlah produk yang memiliki kandungan vitamin C, gunakan pada malam hari, dan jangan lupa menggunakan tabir surya di pagi dan siang hari.

Mencerahkan Wajah

ilustrasi manfaat vitamin C untuk kesehatan kulit/unsplash
ilustrasi manfaat vitamin C untuk kesehatan kulit/unsplash

Manfaat kandungan vitamin C yang terakhir, yaitu bisa membantu mencerahkan kulit wajah, dan membantu terlihat lebih awet muda. Rutin menggunakan vitamin C, bisa membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini di kulit, seperti munculnya noda hitam dan kulit keriput.

Vitamin C mampu mencegah terjadinya hiperpigmentasi pada kulit, yang disebabkan oleh paparan sinar matahari, sehingga kulit akan tetap cerah dan terlihat sehat.

 

Cara Mendapatkan Vitamin C

ilustrasi manfaat vitamin C/unsplash
ilustrasi manfaat vitamin C/unsplash

Selain menggunakan produk perawatan kulit, vitamin C juga bisa didapatkan dengan berbagai banyak cara, apalagi cara yang alami dan murah. Kamu bisa rutin mengonsumsi makanan sehat, yang memiliki kandungan vitamin C, seperti buah-buahan dan sayuran hijau.

Vitamin C juga bisa didapatkan dengan cara melakukan injeksi, atau suntik vitamin C dengan dosis tinggi, yang hanya boleh dilakukan oleh ahli atau dokter kecantikan kulit.

Semoga bermanfaat.

Lanjutkan Membaca ↓