Kenali Jenis Acid untuk Mengatasi Masalah Kulit

Kezia Prasetya Christvidya21 Jul 2020, 10:35 WIB
skincare-kezo

Fimela.com, Jakarta Perawatan kulit sangat penting. Untuk merawat masalah kulit, seorang perempuan akan membeli dan mengguankan produk perawatan kulit. Biasanya dalam produk tersebut terkandung jenis acid atau asam yang berbeda-beda.

Acid yang yang terkandung di dalam produk perawatan kulit, merupakan senyawa kimia berupa asam, atau bahan aktif yang dapat menyembuhkan masalah kulit. Acid memiliki banyak jenis yang bisa mengatasi jerawat, kulit kusam, tanda-tanda penuaan dini hingga kulit berminyak.

Yuk kenali jenis-jenis acid untuk mengatasi masalah kulit, agar tidak salah saat membeli produk perawatan kulit, dilansir dari berbagai sumber:

Azelaic Acid

ilustrasi jenis acid untuk kulit sensitif/unsplash
ilustrasi jenis acid untuk kulit sensitif/unsplash

Jenis acid yang pertama yaitu azelaic acid, yang bisa digunakan untuk mengatasi kulit sensitif, tanpa mengiritasi kulit. Azelaic acid memiliki fungsi untuk membantu mengeksfoliasi kulit, mengontrol dan membunuh bakteri penyebab jerawat, yang sering terjadi pada kulit yang sensitif.

Selain itu azelaic acid memiliki peran untuk membantu mengatasi hiperpigmentasi, menyamarkan noda bekas jerawat, dan menghancurkan sel kulit yang memproduksi melanin. Produk perawatan kulit yang memiliki kandungan azelaic acid, sangat aman untuk digunakan oleh ibu hamil, yang juga memiliki wajah sensitif.

Glycolic Acid

Jenis acid yang selanjutnya, yaitu jenis glycolic acid yang terdapat pada produk perawatan kulit, untuk membantu mengatasi dan mencegah proses penuaan dini pada kulit. Biasanya penuaan dini ditandai dengan munculnya noda-noda hitam di kulit, keriput, elastisitas kulit berkurang dan area mata yang menggelap.

Glycolic acid atau asam glikolat, merupakan zat asam yang termasuk ke dalam kelompok Alpha Hydroxy Acid (AHA), yang memiliki ukuran molekul paling kecil. Glycolic acid memiliki fungsi untuk membantu mengeksfoliasi kulit, memudarkan noda hitam akibat penuaan dini, atau noda hitam yang disebabkan oleh bekas jerawat.

Hyaluronic Acid

ilustrasi jenis acid untuk meremajakan kulit/unsplash
ilustrasi jenis acid untuk meremajakan kulit/unsplash

Hyaluronic acid merupakan jenis acid, yang bisa membantu meremajakan kulit wajah, yang sering terdapat pada produk perawatan kulit wajah. Hyaluronic acid (HA) merupakan senyawa asam, yang memiliki fungsi untuk membantu menghidrasi kulit, dan membantu melembapkan kulit.

Hyaluronic acid juga bisa digunakan untuk kulit yang berjerawat, karena bisa membantu mempercepat penyembuhan jerawat, dan mengatasi peradangan pada kulit yang berjerawat. Hyaluronic acid bersifat anti oksidan, sehingga dapat membantu meremajakan kulit, dan menangkal radikal bebas yang merusak sel kulit.

Retinoic Acid

ilustrasi jenis acid untuk mengatasi masalah kulit/unsplash
ilustrasi jenis acid untuk mengatasi masalah kulit/unsplash

Jenis acid yang selanjutnya yaitu retinoic acid, yang baisanya terdapat pada produk perawatan kulit, untuk membantu mengatasi masalah kulit berjerawat. Retinoic acid merupakan turunan Retin-A, yang termasuk jenis vitamin A derivatif, untuk membantu mengatasi jerawat.

Retinoic acid atau tretinoin, sangat efektif untuk menyembuhkan jerawat, mencegah penuaan dini dan membantu mengangkat komedo. Retinoic acid sangat efektis untuk membantu membersihkan sel-sel kulit mati, sehingga kulit akan cepat meregenerasi, dan membantu menyamarkan noda hitam di wajah.

Salicylic Acid

Salicylic acid merupakan senyawa BHA atau Beta Hydroxy Acid, yang merupakan bahan aktif pada produk perawatan kulit, yang berfungsi sebagai anti inflamasi. Salicylic acid sangat baik digunakan pada kulit sensitif dan berjerawat, karena bisa membantu mengatasi peradangan, dan iritasi yang sering terjadi pada kulit. Zat asam yang satu ini, juga bisa membantu membersihkan pori-pori kulit, dan membantu mengeksfoliasi kulit.

Semoga inforamsi ini bermanfaat.

Lanjutkan Membaca ↓