Manfaat Habbatussauda untuk Kecantikan

Kezia Prasetya Christvidya05 Agu 2020, 11:35 WIB
skincare-kezo

Fimela.com, Jakarta Zaman sekarang banyak sekali produk kecantikan yang memiliki kandungan habbatussauda. Habbatussauda atau yang bisa disebut dengan jinten hitam adalah jenis rempah yang memiliki banyak manfaat. Habbatussauda memiliki bentuk butiran biji yang berwarna hitam.

Menurut sebuah penelitian, habbatussauda memiliki kandungan vitamin, asam amino, protein, asam limonet, natrium, dan masih banyak lagi kandungan di dalam habbatussauda.

Kandungan yang terdapat pada habbatussauda dipercaya bisa membantu menyembuhkan penyakit. Habbatussauda bisa membantu mencegah kanker, menurunkan kolesterol, dan membantu mengatasi tekanan darah tinggi.

Berikut menfaat habbatussauda yang baik untuk kecantikan kulit, dan membantu mengurangi masalah pada kulit, dilansir dari berbagai sumber:

Menutrisi Kulit

iustrasi manfaat habbatussauda untuk kecantikan/pixabay
iustrasi manfaat habbatussauda untuk kecantikan/pixabay

Manfaat habbatussauda yang pertama adalah bisa membantu menutrisi kulit. Karena habbatussauda memiliki kandungan antioksidan, vitamin E dan asam limonet, yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Kandungan yang terdapat pada habbatussauda, juga bisa membantu memperbaiki sel-sel kulit, yang rusak karena radikal bebas. Antioksidan yang terdapat di dalam habbatussauda juga bisa membantu mencegah terjadinya penuaan dini pada kulit. 

Mengontrol Minyak di Wajah

Beberapa orang pasti memiliki kulit yang cenderung berminyak. Habbatussauda memiliki manfaat untuk membantu mengontrol produksi minyak di kulit wajah. Kulit yang berminyak biasanya akan mudah berjerawat, akibat pori-pori kulit wajah tersumbat minyak.

Pada dasarnya minyak wajah memiliki fungsi untuk membantu melembapkan kulit wajah. Tetapi wajah yang terlalu berminyak, akan membuat kulit menjadi tampak kusam. Kandungan yang terdapat pada habbatussauda, bisa membantu mengatasi external toxins, dan membantu mencegah pollutant pada wajah, yang disebabkan karena paparan sinar matahari, polusi dan debu.

Membersihkan Pori-pori

ilustrasi manfaat habbatussauda/pixabay
ilustrasi manfaat habbatussauda/pixabay

Pori-pori yang tersumbat, bisa menyebabkan timulnya komedo pada wajah, yang menjadi cikal bakal timbulnya jerawat. Jika tidak bersih saat mencuci wajah, pori-pori akan tersumbat minyak dan bakteri penyebab jerawat.

Pori-pori yang besar juga bisa membuat bakteri mudah singgah, dan menyebabkan kulit menjadi lebih kasar. Sahabat Fimela bisa menggunakan habbatussauda sebagai scrub atau masker wajah, untuk membersihkan pori-pori dari kotoran, dan membantu mengecilkan pori-pori yang besar.

Mencegah Penuaan Dini

ilustrasi manfaat habbatussauda/pixabay
ilustrasi manfaat habbatussauda/pixabay

Manfaat habbatussauda yang berikutnya adalah membantu mengatasi penuaan dini pada kulit. Penuaan dini ditandai dengan munculnya kerutan di wajah, munculnya noda-noda hitam, dan kurangnya elastisitas pada kulit.

Penuaan dini bisa disebabkan karena sering terkena paparan sinar matahari, polusi, debu dan radikal bebas. Kandungan yang terdapat di dalam habbatussauda, bisa membantu mencegah proses penuaan dini pada kulit, dan memperbaiki sel-sel kulit yang rusak.

Mencegah Jerawat

Manfaat habbatussauda yang terakhir adalah membantu mencegah jerawat. Jerawat bisa muncul karena banyak faktor. Bisa karena jarang membersihkan kulit wajah, stres, datang bulan atau salah mengonsumsi makanan.

Kandungan asam linoleat, vitamin E, asam amino dan nutrisi lainnya yang terdapat di dalam habbatussauda, bisa membantu mencegah dan membunuh bakteri penyebab jerawat. Selain membantu mencegah jerawat, habbatussauda juga bisa membantu mencerahkan kulit wajah, dan membantu menyamarkan noda hitam, yang disebabkan karena bekas jerawat di wajah.

Semoga bermanfaat.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by