Sukses

Beauty

Inovasi Nusantics untuk Wujudkan Kesehatan Kulit dengan Microbiome

Fimela.com, Jakarta Kesehatan adalah prioritas. Sama halnya dalam merawat kecantikan bagi para perempuan yang sudah jadi keharusan. Kini, ragam alternatif hadir untuk merawat kecantikan perempuan.

Hal ini juga diperkenalkan oleh Nusantics, sebuah startup lokal berbasis teknologi genomics yang meluncurkan layanan yang dapat membantu kita untuk memahami kesehatan kulit secara holistik, dengaan teknologi tinggi, namun tetap dekat dengan alam. Layanan ini diluncurkan setelah tim riset dan teknologi Nusantics mengembangkan penelitan untuk mendiagnosa mocrobome pada tubuh manusia, terutama kulit.

Microbiome merupakan kumpulan mikroorganisme “tak kasat mata” seperti jamur, virus dan bakteri yang hidup pada seluruh makhluk hidup di muka bumi, termasuk dalam tubuh manusia. Meskipun tidak terlihat, keberadaan mereka justru sangat menentukan kesehatan dan imunitas tubuh kita, tak terkecuali kulit. Bergesernya keseimbangan microbiome merupakan salah satu sumber penyebab berbagai masalah kulit. Untuk mengetahui keseimbangan dan variasi microbiome kulit kita, Nusantics meluncurkan layanan analisa microbiome kulit pertama di Indonesia, Nusantics Biome Scan.

Setelah sempat terhenti karena fokus berkontribusi dalam mendesain purwarupa utama RT-pCR COVID-19 Test Kit berbasis strain virus lokal yang dibentuk oleh tim gugus tugas BPPT dengan teknologi genomics yang sama, kini Nusantics dapat membuka Hub pertamanya yang berlokasi di kawasan Jakarta Selatan.

Terobosan terkini untuk kecantikan

Sharlini Eriza Putri selaku co-founder dan CEO Nusantics mengatakan, “Layanan Biome Scan ini prinsipnya sama dengan swab test, tetapi dilakukan di kulit wajah. Dari swab test ini konsumen dapat mengetahui komposisi bakteri dan jamur yang ada di kulitnya sehingga bisa dijadikan acuan agar lebih selektif terhadap pemilihan produk kecantikan yang digunakan. Karena, keseimbangan dan variasi microbiome itu penting banget untuk dimonitor. Misalnya kalau jamur terlalu banyak bisa bruntusan, kalau terlalu sedikit rentan jerawat”

Selain deteksi microbiome melalui metode swab wajah, konsumen juga akan melalui rangkaian proses analisa kulit dengan Skin Analyzer akurat berkualitas riset. Alat ini dapat mendeteksi tingkat sebum, pH, hidrasi, melanin, hingga tingkat glowing kulit. Konsumen juga akan melalui proses wawancara yang diisi dengan transfer informasi mengenai microbiome dalam kehidupan sehari-hari dan tak jarang membelalak mata.

Salah satu konsumen Nusantics, Indah Melati mengatakan, “Aku udah cobain swab test kulit wajah dengan Biome Scan dan puas banget! Selain menggabungkan science, aku gak nyangka ternyata pendekatannya juga alami. Karena mereka juga punya rangkaian produk clean beauty skin care berbahan alami yang ramah bagi microbiome dan facial spa yang semuanya pake bahan natural. ”

Menjalani protokol kesehatan

Nusantics mengakui bahwa meluncurkan layanan di tengah pandemik merupakan tantangan tersendiri. Sharlini juga menambahkan bahwa Nusantics Hub dirancang khusus sesuai dengan standar protokol COVID-19 agar tetap aman bagi konsumen dan staf Nusantics. Seluruh hasil analisa microbiome kulit melalui Biome Scan juga dapat dilihat dalam bentuk laporan digital yang terintegrasi dari akun konsumen yang ada di web Nusantics sehingga meminimalisir kontak langsung.

Sebagai penutup, Sharlini meyakini bahwa saat ini merupakan saat yang paling tepat untuk mengedukasi masyarakat agar hidup lebih sehat dan berdampingan dengan alam melalui pemahaman akan pentingnya menjaga keseimbangan microbiome yang ada di alam dan juga tubuh manusia. Karena kulit yang sehat dan cantik dapat tercapai apabila keseimbangan dan variasi microbiome dalam tubuh kita juga terjaga.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading