Tips Memilih Produk Perawatan Rambut yang Aman untuk Kulit Kepala dengan Psoriasis

Karla Farhana21 Sep 2020, 17:30 WIB
Diperbarui 21 Sep 2020, 17:30 WIB
[Fimela] Perawatan rambut

Fimela.com, Jakarta Memilih produk perawatan rambut tidak melulu hanya memikirkan bahan-bahan yang ramah untuk batang rambutmu. Tetapi, kamu juga perlu mengetahui jenis kulitmu. Pasalnya, produk rambutmu juga akan menyentuh kulit kepala. 

Jika produk yang kamu gunakan mengandung bahan-bahan yang sangat keras, kulit kepalamu yang sensitif tentu akan memerah dan mengalami iritasi. Apalagi, jika kamu memiliki kondisi kulit tertentu, seperti psoriasis

Psoriasis, tulis Alo Dokter, merupakan peradangan pada kulit yang ditandai dengan ruam merah, kulit kering, tebal, bersisik, dan mudah terkelupas. Terkadang, psoriasis juga disertai dengan gatal dan nyeri. Psoriasis lebih sering muncul di daerah lutut, siku, punggung bagian bawah, dan kulit kepala.

Bagi kamu yang memiliki kulit kepala dengan psoriasis, sebaiknya berhati-hati saat memilih produk perawatan rambut. Dilansir dari Hello Giggles, tidak semua produk perawatan rambut aman untuk perempuan yang memiliki psoriasis di area kulit kepala. Lantas, bagaimana cara memilih produk yang aman dan tepat? 

Produk Aman untuk Kulit dengan Psoriasis

[Fimela] Ilustrasi rambut
Ilustrasi perawatan rambut | pexels.com/@timmossholder

Hello Giggles menulis, sebaiknya kamu mencari produk alami tanpa bahan kimiawi yang begitu keras dan dapat memperparah kondisi psoriasismu. Hello Giggles menyarankan, kamu bisa memilih produk yang mengandung shea butter yang baik untuk kulit kering dan tidak akan membuat iritasi kulit super sensitif. 

Selain shea butter, kamu juga bisa memilih produk yang mengandung minyak getah jarak, dan jojoba. Kedua minyak ini bukan hanya aman, tetapi juga membantu kulit kepalamu lebih halus, lembap, dan menutrisi kulit. 

Jadi, pastikan kamu memilih produk perawatan rambut dengan bahan-bahan alami yang aman untuk kulitmu, ya! 

#ChangeMaker

Simak Video Berikut

Lanjutkan Membaca ↓