5 Tips Mengangkat Komedo secara Alami dan Aman Dilakukan Sendiri di Rumah

Annissa Wulan22 Sep 2020, 20:30 WIB
Diperbarui 22 Sep 2020, 20:30 WIB
komedo-kezo

Fimela.com, Jakarta Mencari cara mengatasi masalah komedo bisa terasa sangat menantang. Banyaknya informasi yang salah justru sering menyesatkan, terutama jika menyangkut label 'alami.'

Selain itu, perawatan kulit alami untuk mengatasi komedo yang dilakukan sendiri di rumah tidak selalu aman. Banyak orang justru mendapati kulit mereka semakin bermasalah.

Komedo adalah pori-pori yang tersumbat oleh sebum, sejenis minyak yang secara alami muncul di kulit. Sebum yang terkena udara menyebabkannya berubah warna menjadi gelap.

Dilansir dari greatist.com, berikut ini adalah beberapa tips mengangkat komedo secara alami dan aman untuk dilakukan. Penasaran?

1. Menggunakan kantong teh hijau

Teh hijau kaya akan epigallocatechin gallate, polifenol yang telah terbukti memperbaiki jerawat dan kulit berminyak. Epigallocatechin Gallate bersifat anti androgenik yang artinya sangat membantu untuk mengurangi produksi sebum.

Mengurangi sebum dapat mengurangi komedo, karena teh hijau memiliki sifat anti inflamasi, antioksidan, dan antimikroba. Teh hijau adalah cara alami yang baik untuk mengatasi jerawat dan komedo.

 

 

2. Menggunakan cleansing oil

Blackhead
Ilustrasi Perawatan Menghilangan Komedo Credit: pexels.com/pixabay

Cleansing oil adalah metode perawatan kulit yang menggunakan minyak nonkomedogenik untuk melelehkan dan membersihkan kotoran dan minyak pada kulit. Cleansing oil dapat membantu menghilangkan minyak berlebih dari permukaan kulit.

3. Menggunakan masker tanah liat

Masker tanah liat dapat membantu menyerap sebum. Sifat abrasifnya juga dapat membantu pengelupasan fisik untuk mengangkat sel kulit mati dan kotoran.

Namun ingat, karena masker tanah liat dapat mengeringkan kulit, jangan lakukan lebih dari 2 atau 3 kali dalam seminggu. Dan jangan memijat kulit terlalu keras, karena dapat merusak kapiler.

Masker tanah liat juga memiliki efek antiinflamasi dan antibakteri yang baik untuk kulit. Para pakar menyarankan penggunaan cara ini sesuai dengan arahan dokter kulit.

4. Menggunakan masker kunyit

Komedo
Ilustrasi komedo/copyright shutterstock

Ekstrak kunyit memiliki efek anti jerawat. Namun, perlu diingat bahwa kunyit dapat berbekas di kulit selama beberapa waktu, sehingga gunakan jauh2 hari sebelum kamu memiliki acara penting.

5. Menggunakan uap

Uap akan membuka pori-pori dan merangsang ekskresi sebum. Selain mengatasi komedo, uap juga dapat menghidrasi dan menenangkan kulit, membantu sirkulasi yang pada akhirnya meningkatkan produksi kolagen. Sudah pernah coba salah satunya?

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓