Cara Menjaga Nail Art agar Tetap Cantik dan Tidak Mudah Rusak

Kezia Prasetya Christvidya26 Sep 2020, 13:45 WIB
Diperbarui 26 Sep 2020, 13:45 WIB
nail art-kezo

Fimela.com, Jakarta Ada banyak cara untuk membuat penampilan menjadi tambah cantik. Salah satunya adalah dengan menghias kuku menjadi warna warni. Tren menghias kuku ini disebut dengan nail art, yang sangat populer dikalangan anak perempuan.

Nail art termasuk kedalam dunia seni. Karena untuk membuat nail art, harus menggunakan gambar yang detail dan alat-alat yang khusus. Dengan nail art, kamu bisa menggambar apapun di kukumu, seperti gambar kupu-kuku, boneka, tulisan atau dipasangi manik-manik.

Saat membuat nail art harus menggunakan kutek yang warna-warni. Nail art juga bisa membuat perempuan menjadi lebih percaya diri. Membuat nail art juga bisa menggunakan kutek yang halal juga. Berikut cara menjaga nail art agar tetap cantik dan tidak mudah rusak, dilansir dari berbagai sumber:

Jenis Nail Art

ilustrasi cara menjaga nail art agar tetap cantik dan tidak mudah rusak/Flora Westbrook/pexels
ilustrasi cara menjaga nail art agar tetap cantik dan tidak mudah rusak/Flora Westbrook/pexels

Nail art memiliki beberapa jenis yang dibedakan menurut penampakannya, yaitu nail art jenis dua dimensi, tiga dimensi dan empat dimensi. Jenis-jenis nail art banyak digemari para perempuan, karena memiliki bentuk yang cantik.

Untuk nail art yang dua dimensi, hanya dibuat dengan kutek gel yang memiliki banyak warna, tidak mudah hilang, tidak membuat kuku menjadi berwarna kuning dan biasanya digambar dengan gambar-gambar simpel, seperti tokoh kartun atau bunga. 

Nail art dengan jenis tiga dimensi biasanya bertekstur timbul, menggunakan cat kuku akrilik. Nail art tiga dimensi ini biasanya digunakan perempuan yang akan melaksanakan pernikahan, pertunangan atau menghadiri pesta besar. Karena nail art ini menggunakan hiasan berupa manik-manik, pita atau bunga yang timbul.

Sedangkan jenis empat dimensi ini hampir sama dengan tiga dimensi, karena memiliki tekstur yang timbul, yang dibuat dari lapisan lilin malam, yang dibuat dengan bentuk bunga atau kartun.

Alat untuk Nail Art

ilustrasi cara menjaga nail art agar tetap cantik dan tidak mudah rusak/Element5 Digital/pexels
ilustrasi cara menjaga nail art agar tetap cantik dan tidak mudah rusak/Element5 Digital/pexels

Alat yang digunakan untuk nail art bisa dibeli dengan mudah di toko online. Saat membuat nail art, ada beberapa alat yang wajib digunakan, seperti base coat untuk lapisan kutek, kutek gel agar lebih awet dan tidak mudah ilang, dan top coat untuk lapisan atas kutek.

Lalu kalau kamu ingin membuat gambar-gambar, gunakan alat seperti dotting untuk menggambar, kuas untuk menggambar, sponge untuk membuat tekstur kutek, stiker, manik-manik dan juga glitter.

Cara Menjaga Nail Art Agar Awet

ilustrasi cara menjaga nail art agar tetap cantik dan tidak mudah rusak/cottonbro/pexels
ilustrasi cara menjaga nail art agar tetap cantik dan tidak mudah rusak/cottonbro/pexels

Memiliki kuku yang cantik, tentu saja harus dirawat dengan baik dan benar agar kutek tidak mudah hilang. Cara pertama adalah dengan menggunakan scrub dan pelembap kuku sebelum menggunakan kutek. Setelah itu gunakan base coat, untuk melapisi kuku sebelum menggunakan kutek.

Sahabat Fimela bisa menggunakan kutek gel, lalu dikeringkan menggunakan sinar UV, agar kutek cepat kering dan menempel di kuku dengan lama. Setelah selesai menggunakan kutek, lapisi dengan top coat agar lapisan luar kutek terlindungi. 

Setelah kutek sudah jadi, jangan lupa untuk menghindari bahan-bahan yang mengandung alkohol, kurangi mengutek kuku dan gunakan sendok saat makan.

Lanjutkan Membaca ↓