5 Cara Alami Atasi Ketombe Membandel

Vinsensia Dianawanti26 Sep 2020, 15:00 WIB
Diperbarui 26 Sep 2020, 15:29 WIB
[Fimela] ketombe

Fimela.com, Jakarta Ketombe menjadi satu dari tiga masalah utama rambut yang dialami oleh perempuan Indonesia. Kondisi iklim tropis di Indonesia yang ditambah dengan radikal bebas berdampak pada kesehatan kulit kepala.

Jika tidak ternutrisi dengan baik, kulit kepala bisa menjadi kering, mengelupas, dan akhirnya menjadi ketombe. Selain menimbulkan rasa gatal, ketombe akan memengaruhi penampilan karena serbuk-serbuk putih yang berjatuhan di area pundak.

Ketombe bisa diatasi dengan menggunakan produk perawatan rambut berlabel anti dandruff. Selain itu, kamu juga bisa melakukan perawatan rambut secara alami dengan menggunakan bahan-bahan berikut ini.

1. Aloe vera

Aloe vera terkenal dengan beragam manfaat bagi kesehatan rambut dan kulit. Kandungan protein, vitamin A, vitamin C dan B1 di dalamnya berfungsi untuk menghitamkan rambut, mencegah rambut rontok, dan menghilangkan ketombe secara alami. Aplikasikan gel lidah buaya pada permukaan kepala, pijat hingga meresap ke kulit kepala, dan diamka selama 30 menit. Bilas dengan air hingga bersih.

2. Jeruk nipis

Ketombe
Ilustrasi ketombe/copyright shutterstock

Dengan kandungan vitamin C pada jeruk nipis sangat baik untuk mendorong pertumbuhan akar rambut. Selain itu, jeruo nipis juga ampuh untuk membasmi ketombe. Caranya, campur perasan jeruk nipis dengan air. Oleskan pada rambut secukupnya dan diamkan sebentar hingga meresap ke kulit kepala. Terakhir, bilas dengan air bersih.

3. Baking soda

Bahan yang satu ini sangat ampuh untuk menghilangkan ketombe. Namun jangan digunakan terlalu sering karena dapat mengiritasi kulit kepala. Cara ama untuk menggunakannya campurkan setengah sendok teh baking soda dengan air hingga mengentap. Aplikasikan di kulit kepala secara merata dan diamkan beberapa menit. Terakhir, bilas hingga bersih.

4. Minyak zaitun

Minyak zaitun dikenal sebagai kondisioner alami. Namun, ia juga efektif mengatasi ketombe secara alami. Oleskan minyak zaitun di kulit kepala secara merata. Pijat ringan kulit kepala agar menyerap. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air hangat hingga bersih

5. Garam

Selain digunakan sebagai bumbu dapur, ternyata garam dapur bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe. Sifat scrub dari bahan ini mampu mengangkat kulit mati pada kepala. Gosokkan garam ke kulit kepala secukupnya. Diamkan sebentar dan bilas kepala dengan air hingga bersih.

Simak video berikut ini

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓