5 Cara Merawat Kulit Berminyak dan Berjerawat Hingga ke Akar Permasalahannya

Vinsensia Dianawanti25 Nov 2020, 19:00 WIB
Diperbarui 25 Nov 2020, 19:00 WIB
Jerawat

Fimela.com, Jakarta Memiliki kulit berminyak sangat rentan timbul jerawat akibat kotoran dan bakteri yang mudah menempel pada kulit. Jika jerawat sudah muncul, dibutuhkan perawatan ekstra untuk menghilangkan jerawat agar tidak meninggalkan bekas.

Meski tebilang tricky, merawat kulit berminyak harus dilakukan secara konstan agar tidak sampai timbul jerawat. Namun jika sudah terlanjur timbul jerawat, jangan panik. Kamu hanya perlu memberikan perawatan kulit yang tepat agar kulit tetap terlihat sehat.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat kulit berminyak dan berjerawat.

1. Mengenali penyebabnya

Penyebab kulit berminyak bisa beragam. Mulai dari iklim, ketidakstabilan hormon, stres, hingga makanan. Pastikan faktor mana yang menjadi pemicu timbulnya minyak ekstra pada kulit.

 

2. Menggunakan pembersih yang tepat

Mengoleskan Krim Jerawat
Ilustrasi Membersihkan Jerawat Credit: pexels.com/cottonbro

Meski memiliki kulit berminyak tidak berarti kamu harus sering-sering membersihkan wajah. Hal ini akan memicu kulit menghasilkan minyak berlebih. Kamu hanya perlu membersihkan wajah pada pagi dan malam hari dengan menggunakan pembersih berbahan asam salisilat atau asam glikolat.

3. Gunakan toner

Gunakan toner dengan kandungan asam salisilat untuk mengangkat sel kulit mati, menetralkan kadar pH, serta mencegah tersumbat pori-pori. Jangan lupakan produk satu ini karena perannya sangat penting untuk mengontrol minyak pada kulit.

4. Gunakan pelembap secukupnya

Faktor lain timbulnya kulit berminyak adalah kurang menggunakan pelembap. Namun bukan berarti kamu menggunakan pelembap dalam jumlah banyak. Selain itu, gunakan pelembap yang memiliki kandungan nonkomeodgenik.

5. Menggunakan handuk baru

Tidak banyak yang mengetahui bahwa yang memicu jerawat adalah penggunaan handuk yang tidak bersih. Bakteri bisa berkembang biak di tempat yang lembap. Sehingga ketika digunakan lagi akan berisiko memunculkan jerawat pada kulit berminyak.

Simak video berikut ini

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓