Urutan Memakai Masker Wajah dengan Baik dan Benar

Kezia Prasetya Christvidya02 Des 2020, 15:35 WIB
Diperbarui 02 Des 2020, 15:35 WIB
masker-kezo

Fimela.com, Jakarta Memiliki wajah yang cerah dan halus adalah dambaan seluruh perempuan. Sehingga banyak perempuan menghabiskan waktunya untuk melakukan perawatan wajah, baik perawatan di salon ataupun melakukan perawatan di rumah.

Salah satu perawatan wajah yang bisa dilakukan di rumah adalah masker wajah.  Masker wajah dapat dibuat menggunakan bahan-bahan alami, seperti alpukat, pisang, lemon, yogurt, susu, stroberi dan lain sebagainya.

Fungsi masker wajah bisa membuat kulit lebih lembut, lebih lembap, menghilangkan bekas jerawat, mencegah tanda-tanda penuaan dini dan lain sebagainya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal saat menggunakan masker, urutannya harus tepat saat mengaplikasikan masker. Berikut urutan memakai masker wajah dengan baik dan benar, dilansir dari Liputan6.com:

Membersihkan Wajah Terlebih Dahulu

skincare-kezo
ilustrasi sabun muka untuk kulit kering/TORWAISTUDIO/shutterstock

Urutan pertama penggunaan masker wajah adalah membersihkan wajah terlebih dahulu. Setelah seharian menggunakan makeup, bersihkan wajah dengan cara double cleansing, atau menggunakan cleansing oil lalu facial foam.

Membersihkan wajah ini bisa membantu mengangkat sisa riasan, debu dan kotoran yang ada di dalam pori-pori. Kalau pori-pori wajah bersih, maka kandungan masker dapat diserap secara maksimal.

Gunakan Air Hangat Untuk Menguapi Wajah

skincare-kezo
ilustrasi skincare penghilang bruntusan/siro46/shutterstock

Kemudian setelah wajah dibersihkan, rebuslah air hangat untuk menguapi wajah. Kamu juga bisa membersihkan wajah dengan menggunakan air hangat terlebih dahulu.

Hal ini bisa membantu membuka pori-pori wajah, agar nutrisi dan kandungan yang ada di dalam masker bisa diserap pori-pori. Menguapi wajah dengan uap air hangat, juga bisa membantu melancarkan sirkulasi darah, mengeluarkan kotoran serta minyak yang tersumbat dalam pori-pori.

Menggunakan Alat yang Tepat

masker-kezo
ilustrasi Cara Membuat Masker Wajah dari Sayuran yang Cukup Unik dan Bisa Mencerahkan Wajah/Pixel-Shot/shutterstock

Saat mengaplikasikan masker ke kulit wajah, gunakan alat yang tepat seperti kuas lembut yang khusus untuk masker, yang berfungsi untuk membuat masker wajah lebih rata dan membantu membuat masker meresap ke dalam kulit.

Hindari menggunakan tangan saat mengaplikasikan masker. Karena tangan kita sering memegang banyak barang dan terdapat banyak kotoran serta bakteri. Jangan lupa untuk mencuci kuas masker setelah di gunakan dan keringkan dengan benar.

Cuci Wajah dengan Air Hangat

masker-kezo
ilustrasi masker/shutterstock

Biasanya setelah mengaplikasikan masker wajah, masker akan didiamkan selama kurang lebih 30 menit. Maka tekstur masker akan lebih kering dan susah untuk diangkat.

Setelah masker wajah kering, angkatlah masker tersebut dengan air hangat untuk melunturkan masker yang menempel. Karena jika menggunakan air dingin, masker tersebut akan sangat susah untuk diangat, lalu membuat kulit wajah menjadi iritasi dan kemerahan.

Air dingin dapat digunakan jika sudah tidak ada masker yang menempel di wajah. Sehingga setelah membilas masker dengan air hangat, bilaslah wajahmu dengan air dingin untuk menutup pori-pori.

Menggunakan Basic Skincare

skincare-kezo
ilustrasi pelembap kulit kering/ Pixel-Shot/pexels

Urutan terakhir setelah menggunakan masker, yaitu menggunakan basic skincare. Urutan yang pertama adalah menggunakan toner, untuk membantu menyegarkan kulit wajah dan menghidrasi kulit.

Setelah menggunakan toner, gunakan pelembap yang memiliki fungsi untuk melembapkan. Yang terakhir adalah menggunakan tabir surya, untuk melindungi lapisan kulit dari paparan sinar matahari.

Setelah menggunakan masker, hindari produk skincare yang memiliki kandungan bahan aktif, apalagi yang fungsinya untuk mengeksfoliasi kulit. Agar kulit wajah tidak iritasi dan skin barrier tidak rusak.

Lanjutkan Membaca ↓