Urutan Skincare Malam untuk Kulit Berminyak

Kezia Prasetya Christvidya04 Des 2020, 07:35 WIB
Diperbarui 04 Des 2020, 07:35 WIB
skincare-kezo

Fimela.com, Jakarta Kulit berminyak adalah kondisi saat kelenjar sebasea terlalu banyak memproduksi minyak di wajah. Sebenarnya minyak alami yang diproduksi kelenjar minyak ini, bisa membuat kulit wajahmu terlihat lebih lembap dan mencegah terjadinya tanda-tanda penuaan dini seperti munculnya garis halus dan kerutan.

Tetapi kalau kelenjar minyak terlalu banyak memproduksi minyak, bisa menyebabkan kulit wajah terlihat kusam, menyumbat pori-pori, menyebabkan komedo dan memicu munculnya jerawat.

Kulit yang terlalu berminyak bisa dicegah dengan menggunakan kandungan skincare yang tepat. Selain itu, urutan penggunaan skincare untuk merawat kulit berminyak juga harus benar. Berikut urutan skincare untuk kulit berminyak yang diaplikasikan pada malam hari, dilansir dari berbagai sumber:

Penyebab Kulit Berminyak

skincare-kezo
ilustrasi cara merawat wajah agar tidak kusam/metamorworks/shutterstock

Kulit berminyak dapat disebabkan karena berbagai macam faktor. Ada beberapa faktor penyebab kulit berminyak yang tidak dapat dihindari tapi bisa dikontrol, seperti faktor genetika. Saat kamu memiliki keturutan keluarga yang memiliki kondisi kulit berminyak, maka kulit wajahmu juga akan berminyak.

Selain itu faktor perubahan hormon saat sedang hamil atau datang bulan, juga bisa mempengaruhi produksi kelenjar minyak, lalu menyebabkan kulit wajah menjadi lebih berminyak.

Saat memasuki usia remaja atau pubertas, kulit berminyak lebih sering muncul daripada usia dewasa. Karena saat usia dewasa produksi minyak akan menurun dan mengalami penuaan dini.

Faktor lain seperti terlalu banyak mengonsumsi gula, makanan berlemak, cuaca yang berubah-ubah serta menggunakan kandungan skincare yang tidak tepat bisa memicu kulit wajah menjadi lebih berminyak.

Ciri-Ciri Kulit Berminyak

skincare-kezo
ilustrasi Cara mengatasi muka berminyak/metamorworks/shutterstock

Kulit berminyak bisa muncul di area wajah, rambut dan punggung. Kulit berminyak biasanya ditandai dengan kondisi lengket, terlihat mengkilap dan berkilau.

Kulit wajah yang berminyak memiliki pori-pori yang besar, karena pori-pori tersumbat oleh minyak yang berlebih, yang menyebabkan timbulnya komedo dan jerawat di wajah.

Kulit berminyak yang terjadi di bagian kepala, biasanya membuat rambut lebih lepek, muncul ketombe dan rambut terlihat lebih kusam.

Kandungan Skincare untuk Kulit Berminyak

skincare-kezo
ilustrasi pelembap kulit kering/ Pixel-Shot/pexels

Untuk merawat kulit berminyak agar produksi kelenjar minyak lebih terkontrol, kamu bisa menggunakan beberapa kandungan bahan aktif yang terdapat di dalam skincare. Berikut kandungan bahan aktif yang bisa digunakan untuk merawat kulit berminyak:

Hyaluronic Acid

Kulit berminyak adalah kondisi kulit saat produksi minyak terlalu berlebih. Sebenarnya kondisi ini disebabkan karena kulit yang dehidrasi. Sehingga kulit berminyak memerlukan skincare yang memiliki kandungan bahan aktif, seperti kandungan hyaluronic acid yang berfungsi untuk melembapkan dan menghidrasi kulit wajah.

Dimethicone

Walaupun kulit berminyak terlihat lebih lembap dan berkilau, tetapi kulit berminyak tetap memerlukan produk skincare yang berfungsi untuk melembapkan kulit, seperti dimethicone yang membuat kulit wajah lembap tanpa mengkilap.

Niacinamide

Kandungan niacinamide sangat baik untuk merawat kulit berminyak. Kandungan ini bisa membantu mengontrol produksi minyak di wajah, menghilangkan jerawat dan mengatasi hipermentasi pada kulit.

Salicylic Acid

Kulit minyak bisa dirawat dengan menggunakan kandungan salicylic acid. Kandungan ini bisa membantu mengontrol produksi minyak, mencegah timbulnya jerawat dan membantu membersihkan pori-pori.

Urutan Skincare Malam untuk Kulit Berminyak

skincare-kezo
ilustrasi sabun muka untuk kulit kering/TORWAISTUDIO/shutterstock

Setelah kita mengetahui berbagai macam kandungan skincare untuk kulit berminyak, Sahabat Fimela harus menggunakan produk skincare dengan urutan yang benar. Terutama penggunaan skincare pada malam hari. Berikut urutannya:

Cleanser

Urutan pertama saat mengaplikasikan skincare di kulit yang berminyak, yaitu dengan menggunakan double cleanser, yaitu membersihkan wajah dengan cleansing balm atau cleansing oil, kemudian dilanjutkan dengan facial wash yang berbasis air atau gel yang mengandung salicylic acid.

Toner

Untuk mengontrol produk minyak, urutan yang selanjutnya adalah menggunakan toner eksfoliasi setiap seminggu tiga kali, untuk mengangkat sel kulit mati yang ada di dalam pori-pori. Selain menggunakan toner eksfoliasi, gunakan toner hidrasi untuk melembapkan kulit wajah.

Serum

Setelah menggunakan toner, urutan yang ketiga adalah menggunakan serum yang memiliki fungsi untuk mengontrol minyak, melembapkan dan menghidrasi kulit wajah.

Pelembap

Urutan skincare yang selanjutnya adalah menggunakan pelembap yang berfungsi untuk melembapkan, mencerahkan dan mengontrol minyak. Pelembap yang bisa digunakan adalah pelembap yang memiliki tekstur air atau gel.

Lanjutkan Membaca ↓