Sepele, Tapi Ini Alasan Kamu Harus Bersihkan Sisir secara Berkala

Karla Farhana25 Jan 2021, 10:00 WIB
Diperbarui 25 Jan 2021, 10:00 WIB
Sisir Rambut

Fimela.com, Jakarta Soal kebersihan dan kecantikan rambut dianggap banyak orang sebagai dua hal berbeda. Padahal, rambut indah dan sehat sangat sulit didapatkan ketika kamu melupakan aspek kebersihan. Salah satunya, kebersihan sisir yang setiap hari kamu pakai. 

Kerap kali perempuan hanya membuang helai-helai rambut yang rontok dan menyangkit di sisir. Padahal, sisir sebenarnya perlu kamu bersihkan secara berkala dengan baik. 

Pasalnya, dilansir dari Styel Craze, sisir mengumpulkan banyak kotoran dari kulti kepala dan rambutmu. Seperti debu, kotoran, sisa produk styling rambut, minyak, hingga kulit-kulit dan rambut mati. 

Jika sisirmu tidak dibersihkan secara berkala, ada kemungkinan sisirmu meninggalkan kuman dan bakteri di batang rambut dan kulit kepala. Ini juga yang bisa menyebabkan tumbuhnya mikroba, kuman, hingga jamur. Akhirnya, infeksi dan ketombe pun bisa muncul. Kulit kepala akan terasa gatal, dan rambut menjadi rusak karena sisir tidak bisa menyisir rambutmu dengan baik. Sehingga, sisir akan memaksa dan menarik rambutmu secara paksa, yang akan membuat batang rambut rusak. 

Cara Membersihkan Sisir

ilustrasi sisir
ilustrasi sisir | pexels.com/@cottonbro

Ada beberapa tahap yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan sisir yang kamu gunakan sehari-hari. 

  1. Buang rambut rontok yang menyangkut pada sisir. 
  2. Cuci sisir dengan air hangat menggunakan sampo
  3. Keringkan dengan cara meletakkan sikat sisir menghadap ke bawah sehingga air dapat turun. Jangan gunakan sisir yang masih basah atau lembap karena dapat mendorong pertumbuhan mikroba, kuman, dan jamur. 

#elevate women

Lihat Video Ini

Lanjutkan Membaca ↓