Sukses

Beauty

9 Penyebab Rambut Rontok Pada Perempuan dan Cara Mengatasi

Fimela.com, Jakarta Rambut rontok adalah masalah umum yang sering dialami oleh perempuan. Kondisi ini bisa mengganggu penampilan. Karena rambut adalah mahkota yang dimiliki oleh para perempuan.

Penyebab umum rambut rontok adalah karena salah memilih shampo. Seseorang yang terlalu stres juga bisa mengalami kerontokan rambut. Apalagi jika sering mengonsumsi makanan yang kurang bergizi, serta terlalu sering menggunakan pengering rambut dan produk kimia.

Sekitar 50 hingga 100 helai rambut pada perempuan bisa rontok. Jika tidak segera disadari penyebabnya dan tidak diatasi, maka rambut rontok bisa menyebabkan kebotakan. Berikut penyebab rambut rontok dan cara mengatasinya:

Penyebab Rambut Rontok Secara Umum

1. Stres

Stres adalah kondisi yang umum dialami seseorang, saat sedang mengalami beban pikiran yang banyak. Jika terlalu stres, maka folikel rambut akan beristirahat, lalu rambut akan rontok dan mengalami penipisan. Kerontokan rambut ini disebut dengan telogen effluvium.

2. Kulit Kepala Tidak Sehat

Kulit kepala yang tidak sehat bisa menyebabkan rambut menjadi rontok.  Kulit kepala ini mengalami dehidrasi dan kurang nutrisi, sehingga kulit kepala menjadi kering, gatal, mudah terinfeksi jamur dan memicu munculnya ketombe.

3. Pasca Melahirkan

Saat seseorang mengalami pasca melahirkan, rambut pada perempuan bisa mengalami kerontokan. Rambut akan mengalami kerontokan setelah 3 bulan pasca melahirkan. Hal ini disebabkan karena saat pasca melahirkan, perempuan akan mengalami perubahan hormone.

4. Diet Ketat

Diet ketat bisa menjadi penyebab rambut rontok. Sebab melakukan diet ketat, bisa menyebabkan rambut kekurangan nutrisi, seperti protein, asam lemak esensial, zat besi dan zinc, yang berfungsi sebagai pembentuk keratin rambut.

5. Terlalu Sering Mengeringkan Rambut

Paparan suhu panas yang terdapat pada mesin pengering rambut, bisa menyebabkan rambut sangat kering, serta kehilangan minyak alami pada rambut, dan menyebabkan kerontokan pada rambut.

Penyebab Rambut Rontok Karena Penyakit

6. Anemia

Anemia adalah penyakit yang menyebabkan rambut rontok, yang disebabkan karena seseorang kekurangan darah merah dan zat besi. Anemia bisa ditandai dengan tubuh lemas, sulit berkonsentrasi, tubuh dingin dan pucat.

7. Hipotiroidisme

Penyebab rambut rontok yang selanjutnya adalah hipotiroidisme, yang merupakan kondisi saat tubuh kekurangan hormon tiroid. Hormon ini berfungsi untuk menyuplai oksigen pada rambut. Sehingga kalau kekurangan hormon tiroid ini, akan menyebabkan rambut menjadi rontok.

8. Kemoterapi

Saat seseorang memiliki penyakit kanker, akan sangat mudah mengalami kerontokan pada rambut, yang disebabkan karena perawatan kemoterapi dan mengonsumsi obat-obatan, yang memberikan efek rambut rontok.

9. Alopecia Areata

Alopecia Areata adalah penyakit auto imun, yang bisa menjadi penyebab rambut rontok pada perempuan. Penyakit ini menyebabkan adanya peradangan, yang sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan folikel rambut.

Cara Mengatasi Rambut dengan Masker Alami

Telur

Telur adalah bahan alami yang bisa digunakan sebagai masker alami, karena memiliki kandungan vitamin B dan protein, yang bisa mempercepat pertumbuhan rambut dan menguatkan akar rambut. Cara menggunakan telur sebagai masker rambut adalah campurkan 1 butir terlur dengan 1 gelas susu, 2 sendok makan perasan lemon dan 2 sendok makan minyak zaitun, aplikasikan ke seluruh rambut, diamkan selama 20menit dan bilas dengan air dingin.

Yogurt

Yogurt adalah olahan susu yang bisa dijadikan sebagai masker rambut, karena mengandung vitamin B dan vitamin D, yang bisa menutrisi rambut, melembapkan dan menguatkan akar rambut. Cara menggunakan yogurt sebagai masker rambut, yaitu dengan mencampurkan 1 cangkir yogurt dengan 1 sendok makan cuka sari apel dan 1 sendok makan madu. Aplikasikan di rambut selama 15 menit dan bilas dengan air dingin.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading