5 Manfaat Air Mawar dan Cara Menggunakannya Agar Optimal di Wajah

Kezia Prasetya Christvidya27 Jan 2021, 12:21 WIB
Diperbarui 27 Jan 2021, 12:55 WIB
air mawar-kezo

Fimela.com, Jakarta Air mawar adalah salah satu produk perawatan kulit wajah, yang bisa digunakan untuk merawat kulit agar awet muda dan tampak cerah. Salah satu air mawar yang terkenal di Indonesia adalah merek Viva.

Manfaat air mawar viva untuk kulit wajah sangat banyak sekali. Karena memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin E dan antioksidan. Air mawar ini juga mengandung antibakteri, anti inflamasi dan antiseptik.

Air mawar ini diproduksi dari penyulingan kelopak bunga mawar, yang diolah menjadi cairan yang digunakan sebagai penyegar wajah, dan menjadi minyak untuk minyak aromaterapi. Berikut manfaat air mawar viva untuk wajah, yang dilansir dari berbagai sumber:

Manfaat Air Mawar untuk Wajah

ilustrasi manfaat air mawar/Anna Ok/shutterstock
ilustrasi manfaat air mawar/Anna Ok/shutterstock

Mencerahkan Wajah

Wajah yang kusam biasanya disebabkan karena tidak pernah eksfoliasi, terlalu sering terpapar sinar matahari dan kurang nutrisi untuk kulit. Untuk mencerahkan wajahmu yang kusam, gunakan air mawar secara rutin sebagai toner wajah.

Kandungan vitamin dan antioksidan di dalam air mawar, bisa membantu mengembalikan warna kulit, menutrisi kulit dan membuat wajahmu lebih cerah bercahaya.

Mencegah Jerawat

Air mawar juga bisa digunakan sebagai obat untuk mencegah dan menyembuhkan jerawat. Karena air mawar mengandung zat antibakteri, antiinflamasi dan antiseptik.

Kandungan tersebut bisa mempercepat jerawat kering, mengurangi peradangan di area jerawat, mencegah munculnya jerawat baru dan menyamarkan bekas jerawat.

Menyamarkan Kantong Mata

Kantong mata yang menggelap biasanya disebabkan karena faktor usia, sering tidur larut malam dan adanya kondisi khusus. Untuk menyamarkan kantong mata yang menggelap, kamu bisa menggunakan air mawar untuk mengompres area kontong mata.

Meremajakan Kulit

Kulit yang mengalami tanda-tanda penuaan dini, biasanya ditandai dengan munculnya keriput atau garis halus di wajah, kulit wajah lebih kering dan tekstur kulit menjadi kasar.

Air mawar bisa digunakan sebagai eksfoliator, yang bisa mengangkat sel kulit mati dan mempercepat pergantian sel kulit baru, sehingga kulit wajah menjadi awet muda.

Melembapkan Kulit

Semakin bertambahnya usia, kulit wajah akan kekurangan kolagen dan minyak alami. Menggunakan air mawar sebagai toner, bisa membantu mengembalikan kelembapan kulit. Sehingga tekstur kulit lebih lembap dan tidak mudah kendur.

Manfaat Air Mawar yang Lainnya

ilustrasi manfaat air mawar/New Africa/shutterstock
ilustrasi manfaat air mawar/New Africa/shutterstock

Selain bisa digunakan untuk merawat kulit wajah, air mawar memiliki banyak manfaat lainnya. Berikut manfaat lain air mawar:

Melembapkan Bibir

Bibir yang kering dan pecah-pecah, tentu saja akan mengganggu penampilanmu dan susah untuk mengaplikasikan lipstik. Kandungan di dalam air mawar, bisa membantu mengembalikan kelembapan bibir, mengangkat sel kulit mati di bibir dan melembutkan tekstur bibir.

Merawat Kecantikan Rambut

Air mawar juga bisa digunakan untuk merawat kecantikan rambut. Kandungannya bisa membantu menghilangkan ketombe yang ada di kulit kepala, mempercepat pertumbuhan rambut, menguatkan akar rambut agar tidak mudah patah, serta membantu mengembalikan kilau rambut yang kusam.

Merawat Kuku

Kuku yang berwarna kuning, mudah patah dan teksturnya kasar, bisa saja disebabkan karena terlalu sering menggunakan kutek. Penggunaan air mawar untuk merawat kuku, memiliki manfaat untuk melembapkan dan menutrisi kuku.

Cara Menggunakan Air Mawar Agar Optimal

ilustrasi manfaat air mawar/Gagarova Olga/shutterstock
ilustrasi manfaat air mawar/Gagarova Olga/shutterstock

Ada beberapa cara menggunakan air mawar untuk wajah, agar hasilnya lebih optimal dan terlihat. Kamu bisa menggunakan air mawar untuk mengompres wajah, dengan cara membasahi kapas dan menempelkan pada bagian wajah yang kemerahan.

Air mawar juga bisa digunakan sebagai face mist, dengan cara menyemprotkan air mawar ke wajah untuk menghidrasi kulit. Menggunakan air mawar sebagai toner juga bisa membantu mengeksfoliasi kulit.

Cara terakhir menggunakan air mawar adalah untuk campuran membuat masker. Air mawar bisa diteteskan pada bubuk masker atau scrub, agar formula masker lebih lembut dan tidak kasar.

Lanjutkan Membaca ↓