7 Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut Rontok dan Cara Menggunakannya

Kezia Prasetya Christvidya31 Jan 2021, 13:35 WIB
Diperbarui 31 Jan 2021, 13:35 WIB
minyak zaitun-kezo

Fimela.com, Jakarta Rambut rontok adalah masalah rambut yang bisa menyebabkan kebotakan. Rambut rontok dapat disebabkan karena faktor keturunan, terlalu sering mengeringkan rambut dan sering menggunakan bahan kimia untuk rambut.

Minyak zaitun adalah salah satu minyak alami, yang memiliki manfaat untuk membantu mengatasi rambut rontok. Karena minyak zaitun memiliki kandungan yang kaya akan omega 3, vitamin E, vitamin K serta asam lemak.

Mineral yang terkandung di dalam minyak zaitun juga memiliki banyak manfaat, yang bisa membantu mengatasi masalah rambut selain rambut rontok. Yuk simak manfaat minyak zaitun untuk rambut, dan cara menggunakan minyak zaitun agar optimal, dilansir dari Liputan6.com:

Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut

ilustrasi manfaat minyak zaitun/Linda Shutoff/shutterstock
ilustrasi manfaat minyak zaitun/Linda Shutoff/shutterstock

Mencegah Rambut Rontok

Saat tubuh terlalu banyak memproduksi hormone dihidrotestosteron (DHT), maka rambut akan mudah rontok. Karena hormon ini bisa merusak folikel rambut, sehingga rambut lemah dan mudah rontok. Kandungan asam oleat yang ada di dalam minyak zaitun, bisa membantu menghambat produksi hormon ini, agar tidak menyebabkan rambut rontok.

Mencegah Kerusakan Rambut

Minyak zaitun memiliki manfaat untuk mencegah rambut rusak, karena minyak zaitun mengandung antioksidan, yang bisa melindungi kulit kepala dan rambut dari paparan radikal bebas. Sedangkan kandungan omega-6 yang ada di dalam minyak zaitun, bisa membantu mencegah rambut patah.

Melembapkan Rambut Kering

Rambut kering adalah salah satu penyebab rambut patah. Rambut kering ini disebabkan karena rambut kekurangan nutrisi, akibat terlalu sering terkena paparan radikal bebas dan paparan sinar matahari.

Rambut kering dapat diatasi dengan menggunakan minyak zaitun, karena minyak zaitun memiliki sifat yang bisa melembapkan rambut, menutup kutikula rambut dan membentuk pelindung pada rambut. Sehingga rambut akan tetap ternutrisi, tetap lembap dan bercahaya.

Menghaluskan Rambut

Rambut yang jarang dirawat, biasanya memiliki tekstur yang kasar dan bercabang. Minyak zaitun dapat digunakan sebagai kondisioner, yang bisa membantu menghaluskan tekstur rambut yang kasar, menghilangkan rambut yang bercabang dan membuat rambut menjadi mudah diatur.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut yang Lainnya

ilustrasi manfaat minyak zaitun/ECOSY/shutterstock
ilustrasi manfaat minyak zaitun/ECOSY/shutterstock

Menghilangkan Ketombe

Kulit kepala yang dehidrasi, bisa menyebabkan munculnya ketombe di kulit.  Ketombe juga bisa disebabkan karena kurang bersih saat membilas sampo dan bisa juga karena ada alergi yang menyerang kulit kepala. Minyak zaitun memiliki kandungan antioksidan dan antibakteri, yang bisa membantu melembapkan kulit kepala, mengurangi pengelupasan kulit dan mencegah alergi kulit.

Menghilangkan Kutu

Manfaat minyak zaitun untuk rambut yang selanjutnya, yaitu bisa membantu menghilangkan kutu rambut. Kutu rambut ini bisa menyerang anak-anak maupun dewasa. Untuk menghilangkan kutu rambut ini, kamu bisa menggunakan minyak zaitun yang dicampur dengan obat kutu.

Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Manfaat minyak zaitun untuk rambut yang terakhir, yaitu bisa membantu mempercepat pertumbuhan rambut. Kandungan vitamin E dan antioksidan di dalam minyak zaitun ini, yang bisa membantu merangsang pertumbuhan rambut, agar tidak mudah mengalami kebotakan.

Cara Menggunakan Minyak Zaitun

ilustrasi minyak zaitun/pexels
ilustrasi minyak zaitun/pexels
  1. Takar sekitar 1/8 hingga 1/4 cangkir minyak zaitun untuk merawat seluruh kepala.
  2. Gosok kedua tangan untuk sedikit memanaskan minyak di telapak tangan.
  3. Pijat kulit kepala dengan minyak secara perlahan dan lembut ke kulit kepala. Beri perhatian khusus pada kulit kepala, oleskan minyak ke akar sampai rambut. Tambahkan juga sedikit minyak zaitun ke ujung rambut untuk membantu memperbaiki ujung rambut bercabang.
  4. Tutupi rambut dengan shower cap dan biarkan perawatan minyak meresap ke kulit kepala
  5. Cuci rambut dengan air hangat dan sampo. Hindari air panas, karena dapat merusak rambut.
Lanjutkan Membaca ↓