Ini Dia Baik Buruknya Olahraga yang Dapat Memengaruhi Kondisi Kulit

Annissa Wulan16 Feb 2021, 08:30 WIB
Diperbarui 16 Feb 2021, 08:30 WIB
lemak perut

Fimela.com, Jakarta Ada daftar panjang tentang manfaat baik dari olahraga, seperti membentuk otot dan meningkatkan suasana hati. Bahkan olahraga juga dikatakan dapat membuat kulit terlihat lebih bercahaya.

Walaupun olahraga dapat membantu menjaga kesehatan kulit, namun juga dapat mengiritasi lapisan luarnya, menyebabkan munculnya jerawat, ruam, dan infeksi. Selama olahraga, detak jantung meningkat dan meningkatkan sirkulasi darah, membantu mengirimkan oksigen dan nutrisi ke kulit.

Aliran oksigen dan nutrisi ini mendorong perkembangan kolagen untuk mencegah kulit kendur dan meregenerasi sel kulit baru untuk menjaga kulit tetap bersinar dan terkelupas dengan baik. Efek anti inflamasi dari olahraga juga berperan positif, seperti dilansir dari huffpost.com.

 

Baik buruknya olahraga dapat memengaruhi kulit

[Fimela] olahtraga
ilustrasi olahraga di gym | unsplash.com/@yellowteapot

Namun, olahraga juga meningkatkan produksi keringat, yang dapat menyebabkan kondisi kulit tertentu kambuh, termasuk jerawat, eksim, dan folikulitis. Kondisi lembap pada kulit dapat mendorong bakteri normal yang hidup di kulit dan berfungsi secara positif untuk tiba-tiba tumbuh berlebihan, pori-pori tersumbat, dan menyebabkan benjolan nanah, serta jerawat yang menyakitkan.

Kombinasi dari keringat, pakaian ketat, dan gesekan tinggi juga bisa menimbulkan masalah. Sebelum olahraga, aplikasikan emolien yang berfungsi sebagai pelindung untuk area dengan gesekan tinggi.

Jangan lupa menggunakan SPF untuk mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Setelah olahraga, mencuci muka dapat menghilangkan penumpukan keringat, minyak, dan polutan lingkungan yang dapat menyebabkan jerawat.

Saksikan video menarik setelah ini

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓
Hospital Playlist 2 Raih Rating Tinggi di Episode Perdana