5 Rekomendasi Calming Serum untuk Kulit yang Sensitif

Kezia Prasetya Christvidya21 Feb 2021, 11:15 WIB
Diperbarui 21 Feb 2021, 11:15 WIB
skincare-kezo

Fimela.com, Jakarta Kulit sensitif adalah kulit yang mudah bereaksi terhadap alergi, paparan sinar matahari, kandungan bahan aktif, cuaca yang berubah-ubah, debu atau banyak pikiran.

Kulit yang sensitif akan sangat mudah terkena jerawat yang meradang, disertai dengan rasa perih, kulit mengelupas, gatal di permukaan kulit, kulit kemerahan dan ada sensasi panas di kulit.

Saat kondisi kulit sedang sensitif, Sahabat Fimela dapat mengatasinya dengan calming serumBerikut rekomendasi calming serum, yang dilansir dari berbagai sumber:

Fungsi Calming Serum

skincare-kezo
ilustrasi skincare/chris_tina/shutterstock

Saat kulit sedang sensitif, kulit membutuhkan produk skincare yang berfungsi untuk menenangkan kondisi kulit tersebut. Salah satunya adalah produk calming serum.

Selain menenangkan, menggunakan calming serum untuk merawat kulit sensitif, bisa bermanfaat untuk mengurangi kemerahan, iritasi, rasa perih dan gatal di kulit wajah.

Calming serum juga bisa menguatkan skin barrier yang rusak akibat reaksi alergi. Serum ini juga melembapkan, melembutkan, menghidrasi dan memperbarui sel kulit pada kulit yang sensitif.

Kandungan Calming Serum

ilustrasi serum/Kamil Macniak/shutterstock
ilustrasi serum/Kamil Macniak/shutterstock

Di dalam calming serum, terdapat kandungan yang bisa menenangkan kulit sensitif dan tidak memicu munculnya jerawat. Berikut kandungan di dalam calming serum

1. Niacinamide

Kandungan niacinamide di dalam calming serum, dapat membantu mengurangi peradangan kulit, mengatasi kemerahan wajah, memperbaiki lapisan kulit dan menceagah jerawat.

2. Ceramide

Karena kulit sensitif biasanya terjadi pada kulit kering, kandungan ceramide di dalam calming serum, dapat membantu mengunci kelembapan kulit, menghidrasi kulit dan melindungi lapisan epidermis pada kulit.

3. Hyaluronic Acid

Kandungan hyaluronic acid bisa membantu mengatasi kulit yang sensitif, mempertahankan lapisan kulit, mengunci kadar air di dalam kulit dan membantu meningkatkan produksi kolagen pada kulit sensitif.

4. Centella Asiatica

Calming serum juga memiliki kandungan centella asiatica, yang biasanya digunakan untuk mengatasi gatal, perih, kemerahan dan jerawat yang sering muncul saat kulit sedang sensitif.

5. Vitamin B5

Vitamin B5 atau yang disebut dengan pantothenic, bisa melindungi kulit sensitif dari kerusakan, mempercepat penyembuhan luka, meregenerasi sel kulit dan membantu pembentukan keratinocytes di kulit.

Rekomendasi Calming Serum

skincare-kezo
ilustrasi skincare/shutterstock

1. Wardah Witch Hazel Purifying Facial Serum

Calming serum yang pertama adalah Wardah Witch Hazel Purifying Facial Serum. Serum ini memiliki kandungan witch hazel extract, hyaluronic acid dan vitamin E, yang berfungsi untuk mengecilkan pori-pori, melembapkan dan mencerahkan wajah. Produk ini dijual dengan harga Rp 35ribuan.

2. Sensatia Botanicals Unscented Sensitive Facial C-Serum

Serum yang selanjutnya adalah Sensatia Botanicals Unscented Sensitive Facial C-Serum. Dengan kandungan kakadu plum organik, ekstrak lidah buaya dan ekstrak teh hijau, bisa membantu meredakan alergi pada kulit sensitif. Produk ini dijual dengan harga sekitar Rp 25ribuan.

3. Innisfree Green Tea Seed Serum

Calming serum selanjutnya berasal dari Korea Selatan, yaitu Innisfree Green Tea Seed Serum. Serum yang diperkaya dengan ekstrak teh hijau dari Jeju, dapat melembapkan kulit dan meredakan peradangan pada kulit sensitif. Produk ini dijual dengan harga Rp 200ribuan.

4. Natur Miracle Calming Face Serum

Serum yang selanjutnya adalah Natur Miracle Calming Face Serum. Produk ini diperkaya dengan kandungan cica dan witch hazel, yang bisa menyamarkan bekas jerawat, menenangkan kulit sensitif, menghidrasi dan mengembalikan tekstur kulit. Produk ini dijual dengan harga Rp 170ribuan.

5. Everwhite Cica Soothing Serum

Rekomendasi yang terakhir adalah Everwhite Cica Soothing Serum. Ekstrak centella asiatica, hyaluronate, glyzirrhinate dan hexamide yang terkandung di dalam serum ini, sangat cocok digunakan untuk merawat kulit yang sensitif. Produk ini dijual dengan harga Rp 97ribuan.

Lanjutkan Membaca ↓